in

Yura Yunita “Tutur Batin” Wajah Tanpa Riasan

Music Yura Yunita Artwork Album Tutur Batin
Yura Yunita - Tutur Batin (Artwork)

“Bagiku, Tutur Batin mengartikan suara hati terdalam dan dengan penuh keyakinan bahwa aku tidak akan lagi mengkompromikan nilai-nilai yang kupunya sebagai perempuan. Banyak dari kita yang pernah dianggap tidak cukup, dianggap tidak sempurna, ditutup langkah & kesempatannya. Namun semakin jalan kita ditutup, semakin kita sebagai perempuan akan berdiri lebih tegak dan bisa membuat jalan kita sendiri. Dari banyaknya tantangan yang kulalui aku belajar bahwa mengejar kesempurnaan ngga akan ada habisnya, hingga kita bisa menerima diri kita apa adanya.- Yura Yunita

Tumbuh di keluarga yang mayoritas beranggotakan perempuan, semenjak dini, Yura Yunita ditanamkan untuk menjadi perempuan yang mandiri, dan berani untuk mengambil keputusan yang terbaik, termasuk memilih untuk berjalan di musik. Perjalanan musik Yura Yunita, tentu bukan sesuatu yang dengan mudah ia raih. Tantangan, kendala, tuntutan pernah ditemui dalam perjalanannya yang ia jadikan pemantik untuk menulis dan berkarya lebih jujur lagi di album ketiganya ini.

Berusaha memenuhi tolak ukur kesempurnaan fisik yang umum di industri adalah sedikit dari banyaknya tuntutan yang Yura Yunita rasakan dan menyebabkan kegundahan di hati yang ia pendam. Kegundahan hati ini, memicu Yura Yunita untuk membuka obrolan dengan kerabat perempuannya. Apa yang Yura pikir hanya terjadi pada dirinya, ternyata juga terjadi di perempuan-perempuan lain yang ada di sekitar Yura, dengan bentuk permasalahan yang berbeda-beda. Keraguan, ketakutan untuk mengungkapkan tutur batin menjadi permasalahan yang ia temui di obrolan-obrolan sesama perempuan.

“Lewat album ini aku ingin menyampaikan ungkapan hati terdalamku yang sejujur-jujurnya. Tutur batin dalam fase perjalananku sebagai manusia yang melewati pertemuan, kehilangan, penyangkalan, amarah, berandai, depresi, hingga proses healing, menerima semua yang terjadi dan merayakan semua proses kehidupan. Sampul album, wajah tanpa riasan, jerawat, inilah aku apa adanya, yang mungkin jarang banyak orang lihat.”- Yura Yunita

‘Tutur Batin’ album penuh ketiga Yura Yunita yang berisikan 11 lagu yang mewakili kejujurannya sebagai perempuan. Dalam album ini, ‘Hoolala’, ‘Duhai Sayang’, ‘Tenang’ dan ‘Mulai Langkahmu’ sudah dirilis terlebih dahulu sebagai rilisan lepasan. Walaupun lagu-lagu yang ada di dalam album ini ditulis dari sudut pandang seorang perempuan, rasa ataupun momen yang diwujudkan dalam lagu-lagu ini, tetap terasa relevan untuk semua orang. Bagaimana rasa seseorang yang menemukan cinta di lagu ‘Dunia Tipu-Tipu, lalu ‘Hobi – Ghosting’ tentang harapan kosong, merasakan kekecewaan di lagu ‘Sudut Memori’ dan ‘Mau Kemana’ dan ‘Andai saja’ sebagai lagu yang mewakili momen pencarian jawaban.

Diibaratkan 5 fase memproses kesedihan, lagu ‘Tutur Batin’ mewakili momen saat diri kita sudah bisa menerima, mengakui kondisi yang terjadi, dan kembali dengan versi diri yang lebih kuat dari sebelumnya. Lagu ini dirasa menjadi lagu yang paling tepat untuk mewakili keseluruhan album dan dijadikan sebagai focus track dalam album ini. Tidak lengkap album Yura Yunita, tanpa lagu yang kental akan nuansa musik Jawa Barat, asal tanah kelahirannya, kali ini, para pendengar Yura Yunita bisa menemukan rasa tersebut di lagu ‘Bandung’.

“Secara keseluruhan, proses penggarapan album ‘Tutur Batin’ menggambarkan proses pendewasaan Yura baik secara konsep, tema, musik dan lirik. Ketika album kedua terdengar personal, maka album ketiga ini makin terasa personal. Tema yang diangkat sangat relate bagi kebanyakan orang dan berani mengungkap hal-hal yang sebelumnya tidak banyak dibicarakan. Secara musikal juga banyak bereksperimen dan mencoba hal baru, mulai dari kolaborasi dengan beberapa produser lain sehingga menambah kaya musikalitas album ini. Yura juga selalu menjunjung tinggi akar dari mana ia berasal, sehingga kembali membuat lagu dalam bahasa Sunda yang berjudul ‘Bandung’. Harapan saya, semoga karya Yura ini bisa menyentuh hati para pendengarnya.” – Ari Renaldi

Music Yura Yunita Solois Album Tutur Batin
Photo from Press Kit

Banyak nama baru maupun yang sudah lekat dengan Yura Yunita mendukung album ‘Tutur Batin’ ini. Ari Renaldi, Iwan Popo adalah 2 produser musik yang sudah sering berada di daftar produksi karya-karya musik Yura Yunita sebelumnya. Baru-baru ini, kolaborasi kuat antara Yura Yunita dan Ari Renaldi di lagu ‘Duhai Sayang’ masuk dalam 2 nominasi di AMI AWARDS 2021. Tidak berpuas diri dengan hal tersebut, Yura Yunita bereksplorasi dengan nama-nama produser musik lainnya seperti Marthin Siahaan, Adhe Ario, Dipha Barus dan JUKÉ Music Works di dalam proses produksi album ini.

Di dalam album ini, Yura Yunita juga bekerjasama dengan orkestra kelas dunia, Budapest Scoring Orchestra, untuk menyempurnakan lagu ‘Mau Kemana’ dan ‘Tutur Batin’. Aransemen string orkestra yang dibuat oleh Ari Renaldi di kedua lagu tersebut, menambahkan unsur kemegahan dalam album ini. Untuk penciptaan lirik, Yura Yunita bersama dengan Donne Maula menulis untuk 7 nomor lagu, sedangkan lagu ‘Duhai Sayang’ ia tulis dengan Muhammad Tulus, ‘Hoolala’ dengan Dipha Baru dan Matter Mos, serta lagu ‘Bandung’ ditulis bersama dengan Fariz Alwan, Ari Renaldi dan Ibunda Yura tercinta Mama Yani.

“Yura jauh berkembang dari album sebelumnya, ‘Merakit’. Sudut pandang Yura lebih lebar, pemilihan kata dan nada betul-betul dipikirkan secara detail. Kata-kata yang kita tulis bersama dengan hati bukan hanya pesan yang ingin kita ungkapkan, tapi seberapa besar karya ini bisa masuk dan mempengaruhi pendengar musik Yura” – Donne Maula.

Selebrasi ‘Tutur Batin’ dimulai lebih awal, saat Yura Yunita terpilih menjadi perempuan Indonesia yang muncul di videotron New York Time Square untuk kampanye EQUAL dari Spotify sebagai bentuk dukungan selebrasi perempuan berdaya pada 20 Oktober 2021. Apresiasi besar ini, adalah bentuk validasi bahwa Yura Yunita adalah figur musisi yang mewakili banyak suara dan menginspirasi para perempuan melalui karya musiknya.

22 Oktober 2021, menjadi momen puncak dan titik awal dari rangkaian selebrasi rilisan album ketiga Yura Yunita ‘Tutur Batin’. Di tanggal tersebut ‘Tutur Batin’ akan bisa didengar secara digital melalui semua layanan musik streaming. Yang akan disusul dengan penayangan ‘Pertunjukan Tutur Batin’ di tanggal 29 Oktober 2021 secara virtual di kanal YouTube Yura Yunita. Dalam pertunjukan virtual ini, Yura Yunita akan menampilkan keseluruhan lagu dari album ‘Tutur Batin’ untuk pertama kalinya.

Dengan penuh doa dan harapan baik, semoga album ‘Tutur Batin’ ini dapat mewakili banyak suara dan diterima oleh para pecinta musik Indonesia.

“Aku tak sempurna, namun memang tak perlu sempurna. Akan kurayakan apa adanya bersama album ketiga ku. Mari mulai. Ini ceritaku. Tutur Batinku”- Yura Yunita