in

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan?

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Image from recordunion(.)com

Ada berapa banyak agregator musik yang aktif saat ini? saat artikel ini dipublikasikan ada sekitar 60 agregator musik yang beroperasi secara global dan itu belum termasuk yang lokal. Lantas mana yang terbaik untuk digunakan musisi mendistribusikan karyanya? tidak ada yang terbaik tetapi juga tidak sedikit yang jelek.

Memilih agregator mungkin bagi sebagian musisi menjadi masalah baru, setelah disibukkan membuat karya dengan berbagai kendala yang pasti ada dalam prosesnya, setelahnya juga harus dibikin bingung dengan banyaknya pilihan agregator untuk distribusinya. Biarpun sudah membaca berbagai ulasan dan membandingkannya belum tentu menemukan pilihan tepat.

Jika kalian saat ini sedang mencari agregator musik, memang harus mencoba salah satu dulu. Sebagus-bagusnya ulasan yang kalian baca dan rangkum, belum tentu kalian akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika menggunakannya. Pengalaman setiap musisi tentunya akan berbeda biarpun menggunakan agregator yang sama. Mempertimbangkan itu perlu, namun mengambil tindakan juga harus dikerjakan.

Record Union, mereka juga salah satu agregator yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan distribusi musik secara digital. Apa yang ditawarkan mereka?, apa ada sesuatu yang berbeda?, atau sama saja dengan agregator lainnya?. Ulasan berikut akan membahas tentang Record Union serta berbagai hal didalamnya yang ingin kalian ketahui.

Apa itu Record Union?

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Photo by Matthias Groeneveld from Pexels

Record Union adalah salah satu pemain lama dalam hal distribusi musik secara digital, didirikan tahun 2008 oleh sekitar 30 musisi, produser dan DJ dari berbagai negara. Walaupun saat ini popularitasnya tidak setenar beberapa pesaingnya yang terhitung berusia lebih muda, Record Union masih aktif melayani banyak musisi untuk keperluan distribusi dan promosi.

Fungsi utamanya tentu sama dengan agregator lainnya yaitu untuk mendistribusikan musik menuju ke berbagai layanan streaming musik. Yang sedikit membedakan, Record Union dalam paket layanannya menyediakan pilihan distribusi secara satuan atau eceran untuk per platform. Hal itu memang sedikit aneh karena pada umumnya musisi selalu mencari distribusi yang sekali proses langsung menuju banyak platform.

Visi mereka adalah untuk mengaktifkan dan mendukung potensi setiap musisi dengan menciptakan industri musik yang demokratis, mudah diakses serta transparan. ‘Liberate Music’ adalah tagline dari Record Union, namun tentunya juga ada aturan yang diterapkan dan biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan mereka.

Fitur utama Record Union

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Photo by Collis from Pexels

Distribusi

Record Union saat ini hanya menyediakan jalur distribusi menuju belasan toko musik digital, tidak seperti para rivalnya yang bisa mencapi ratusan. Tetapi, semua toko utama sudah ada didalam daftarnya dan itu jauh lebih efisien untuk mendapatkan hasil serta lebih mudah dalam pengawasannya. Daftar platform yang dijangkau mereka sekarang adalah, Spotify, Apple Music, TikTok, Instagram, Facebook, YouTube Music, Tidal, Amazon Music, 7 Digital, Pandora, Shazam, Napster, Deezer, Anghami, Juno Download serta Beatport.

Kecepatan distribusi

Mereka menjanjikan proses distribusinya hanya membutuhkan waktu antara 3 hari sampai 1 minggu, jika semua persyaratan sudah terpenuhi. Namun, saat ini dihalaman resminya mereka menginformasikan sedang mengalami peningkatan jumlah rilisan yang didistribusikan, sehingga maksimal waktu yang dijanjikan menjadi 2 minggu. Perlu diketahui, kecepatan distribusi tergantung dari banyak faktor, jadi jangan terlalu menitikberatkan poin ini dalam pemilihan agregator terutama yang menyediakan paket gratis.

Meningkatkan peluang

Selain distribusi digital, Record Union juga memberikan layanan bagi penggunanya untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu contohnya setiap seminggu sekali mereka mengirimkan musik dari musisi yang menggunakannya ke berbagai Spotify kurator, hal ini sangat jarang sekali dihadirkan oleh para pesaingnya. Record Union juga membuat dan memiliki playlist dari para penggunanya terutama para musisi baru dan saat ini daftar putarnya akan diperbarui setiap hari Jumat serta didalamnya juga dikategorikan sesuai genre masing-masing setiap musisi.

Penawaran eksklusif

Sebelum musik kalian didistribusikan Record Union akan menawarkan beberapa hal untuk keperluannya, seperti kebutuhan pembuatan cover artwork dan proses mastering ulang. Mereka memiliki banyak tim untuk berbagai hal tersebut dan kalian bisa menggunakannya jika diperlukan dan tentunya ada tambahan biaya yang harus dibayarkan jika memanfaatkannya. Kalian juga akan mendapatkan diskon yang cukup besar jika fasilitas tambahan yang kalian gunakan semakin banyak.

Laporan statistik

Fitur ini pastinya disediakan oleh para agregator musik, termasuk Record Union. Dalam dashboardnya kalian bisa memantau segala aktivitas dan jangkauan musik yang didistribusikan. Laporan yang disajikan juga cukup terperinci, namun informasi statistiknya ditampilkan dengan sederhana sehingga mudah dipahami. Hal itu cukup mempermudah penggunanya apalagi saat proses akses melalui mobile browser.

Layanan pelanggan

Apa pun yang ingin kalian tanyakan atau ada masalah yang ditemukan saat menggunakannya, kalian bisa menghubungi customer service Record Union kapan pun kalian mau. Untuk pertanyaan atau pelaporan kendala terutama soal teknis disarankan melalui email, namun untuk hal lainnya bisa juga melalui media sosial mereka. Dari hasil pantauan kami semua media sosialnya cukup aktif berinteraksi dengan para pengikutnya dan juga sering membagikan informasi terbaru tentang layanan mereka.

Biaya perpanjangan yang rendah

Jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, Record Union menawarkan tarif berlangganan yang sedikit lebih murah untuk biaya langganan ditahun berikutnya. Jika pun kalian masih belum mampu membayar biaya perpanjangan, musik kalian akan tetap ada di layanan streaming yang sudah aktif, hanya saja royalti yang kalian dapatkan akan ditahan sementara sampai biaya tunggakan dibayar.

A&R program

Disini program seperti ini lebih populer dengan istilah MLM (multi level marketing). Record Union akan memberikan komisi sebesar 7,5% dari hasil royalti setiap musisi yang bergabung ke Record Union dari hasil undangan kalian. Kode referral akan kalian dapatkan saat pertama kali melakukan proses distribusi dan bisa kalian sebarkan ke siapa pun untuk bergabung menjadi pelanggan Record Union. Selain komisi, kalian juga akan mendapatkan jatah gratis untuk 1 kali perilisan dari setiap konsumen baru yang bergabung melalui undangan kalian.

Keamanan konten

Fitur ini juga hal yang umum ditemui di agregator musik lainnya, kode UPC dan ISRC akan didapatkan saat proses distribusi, yang berfungsi sebagai tanda atau identitas virtual dari setiap musik yang diunggah. Perbedaannya Record Union akan meminta musisi atau artis untuk memasukkan kode yang dimiliki secara manual diakhir proses distribusi, hal ini sebenarnya hanya sebagai pengingat kepada musisi bahwa itu adalah sesuatu yang penting untuk dimiliki dan diterapakan dalam distribusi secara digital.

Cara kerja Record Union

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Photo by Pixabay from Pexels

Cara kerjanya juga hampir sama dengan agregator lain, setelah membuat akun kalian bisa memilih paket langganan yang disediakan dan setelah proses pembayaran selesai kalian bisa mulai mengunggah musik yang akan didistribusikan. Penetapan jadwal perilisan juga bisa diatur, namun pihak Record Union menyarankan agar melakukan unggahan minimal 2 minggu sebelum jadwal perilsan yang ditentukan untuk menghindari adanya keterlambatan.

Record Union adalah rekanan resmi dari Spotify, sehingga mereka mempunyai hak untuk mengajukan artis yang menggunakan jasa mereka supaya lagunya masuk dalam daftar putar atau playlist resmi yang diterbitkan Spotify. Untuk hal itu tentu ada penilaian khusus dari Record Union dan kebanyakan hanya artis yang sudah memiliki banyak audiens yang mereka rekomendasikan. Tetapi, dari hasil penelusuran kami juga ada pendatang baru yang berhasil mendapatkan hal tersebut dan tentunya secara kualitas memang bagus walaupun masih memiliki sedikit audiens.

Paket dan harga

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Photo by Aline Viana Prado from Pexels

Saat ini ada 5 pilihan paket distribusi yang disediakan, 3 paket langganan tahunan dan 2 paket langganan bulanan serta semuanya adalah paket berbayar. Pilihan paket dan tarif yang berlaku saat ini yaitu:

1. Langganan per tahun

Build Your Own

  • Untuk 1 platform (bebas memilih platform yang diinginkan)
  • 1-2 tracks 7 dollar/tahun
  • 3-5 tracks 10 dollar/tahun
  • 6-12 tracks 13 dollar/tahun
  • 13-99 tracks 13 dollar/tahun untuk 12 tracks pertama selanjutnya 1,5 dollar/tracks/tahun
  • Penambahan platform tarifnya 2 dollar/tahun
  • Potongan komisi dari hasil royalti sebesar 15%

Top Dog

  • Untuk 5 platform (Spotify, Apple Music, Instagram, Facebook, YouTube Music)
  • 1-2 tracks 10 dollar/tahun
  • 3-5 tracks 13 dollar/tahun
  • 6-12 tracks 16 dollar/tahun
  • 13-99 tracks 16 dollar/tahun untuk 12 tracks pertama selanjutnya 1,5 dollar/tracks/tahun
  • Potongan komisi dari hasil royalti sebesar 15%

World Domination

  • Untuk semua platform
  • 1-2 tracks 15 dollar/tahun
  • 3-5 tracks 20 dollar/tahun
  • 6-12 tracks 25 dollar/tahun
  • 13-99 tracks 25 dollar/tahun untuk 12 tracks pertama selanjutnya 1,5 dollar/tracks/tahun
  • Potongan komisi dari hasil royalti sebesar 7,5%

2. Langganan per bulan

Artist Unlimited

  • Bisa digunakan untuk 3 artis
  • Distribusi menuju semua platform
  • Bebas rilis tanpa batas setiap bulan
  • Tarifnya 4,99 dollar per bulan
  • Potongan komisi dari hasil royalti sebesar 15%
  • Potongan komisi dari hasil royalti sebesar 7,5% jika berlangganan per 4 bulan

Label Unlimited

  • Bisa digunakan untuk 10 artis
  • Distribusi menuju semua platform
  • Bebas rilis tanpa batas setiap bulan
  • Tarifnya 9,99 dollar per bulan
  • Potongan komisi dari hasil royalti sebesar 15%
  • Potongan komisi dari hasil royalti sebesar 7,5% jika berlangganan per 4 bulan

Untuk tahun berikutnya jika kalian terus menggunakannya maka akan mendapatkan diskon, namun jumlah pastinya tidak sama bagi setiap artis. Saat kami menghubungi Record Union untuk menanyakan hal tersebut, mereka menginformasikan saat ini rata-rata diskon yang diberikan sebesar 10% sampai 20%.

Beberapa kelebihan Record Union

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Photo by Rodnae Productions from Pexels
  • Platformnya mudah digunakan karena antarmuka yang disajikan sangat sederhana.
  • Setiap seminggu sekali berpeluang untuk masuk kedalam playlist resmi Spotify.
  • Layanan konsumen sangat responsif dan bisa menggunakan sarana media sosial.
  • Mendapatkan diskon untuk biaya perpanjangan langganan.
  • Menyediakan banyak pilihan paket dan harga untuk berbagai kalangan musisi.
  • Mendapatkan komisi jika berhasil mengajak musisi lain untuk menggunakan platformnya.

Beberapa kekurangan Record Union

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Photo by RF Studio from Pexels
  • Pemotongan hasil royalti sebesar 7,5% sampai 15% terlalu memberatkan.
  • Banyak pengguna melaporkan hasil laporan statistiknya tidak real time dan sering kali terlambat.
  • Banyak pengguna juga melaporkan proses penarikan pendapatan sering kali memakan waktu yang cukup lama.
  • Tidak menyediakan fasilitas promosi yang memadai dan terkesan tidak terlalu fokus untuk hal itu.
  • Fitur blognya tidak banyak menyajikan informasi yang diperlukan musisi dalam proses pengembangan karir.

Kesimpulan

Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan
Image from recordunion(.)com

Satu-satunya yang menurut kami menjadi poin penting untuk dipertimbangkan saat akan menggunakan Record Union adalah potongan royalti yang mereka terapkan. 7,5% sampai 15% menurut kami sangatlah besar apalagi mereka adalah agregator musik berbayar, bagi musisi pendatang baru saat ini bukanlah hal mudah untuk mendapatkan pendapatan yang setimpal.

Beberapa pesaingnya menurut kami menawarkan paket yang lebih bisa dipertimbangkan, terutama untuk jenis paket langganan tahunan, United Masters contohnya. Tarif harga langganan tahunan mereka cukup bersaing dan banyak fasilitas yang didapatkan saat menggunakannya, selain itu mereka juga memberikan 100% royalti yang didapatkan dari hasil distribusi kepada musisi. Ulasan tentang United Masters bisa kalian baca di tautan artikel berikut United Masters Agregator Musik Dalam Kantong Saku.

Selain perihal potongan royalti, Record Union sangat bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan distribusi musik digital secara umum, paket pilihan yang disediakan cukup banyak dan bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan distribusi setiap musisi. Walaupun tidak banyak menyediakan fasilitas tambahan terutama untuk promosi, sekarang kebanyakan artis memang hanya memanfaatkan fungsi utama agregator sebagai fasilitator pendistribusian musik.