in

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com

Seperti yang kita ketahui, saat ini industri musik sedang sangat berkembang dan internet membuat evolusi perkembangannya semakin luar biasa. Salah satunya, merubah aktivitas yang dulunya harus dilakukan secara konvensional menjadi hanya cukup dilakukan dengan separangkat PC bahkan bisa juga smartphone.

Distribusi musik contohnya, tak bisa dipungkiri rilisan fisik masih banyak diidolakan oleh musisi dalam perilisan karyanya, tetapi distribusi secara digital seringnya akan dikerjakan pertama sebelum rilisin fisiknya tersedia. Cukup realistis, karena distribusi digital jauh lebih mudah untuk dilakukan dan secara biaya operasional bisa dikatakan murah.

Kehadiran agregator musik bagaikan Dewa bagi sebagian musisi yang dulunya mengalami kesulitan dalam perilisan dan distribusi, namun juga tak sedikit musisi yang mengatakan kehadiran mereka merusak tatanan alur musik yang sesungguhnya. Apa kali ini kita akan membahas hal itu?, tentu tidak karena pembahasan tersebut secara bobot materi harus didukung dengan banyak penelusuran dan harus disertai informasi dari sumber yang kompeten.

Kami akan mengulas salah satu agregator musiknya, yaitu AWAL. Apa saja yang ditawarkan mereka kepada musisi yang ada di pihak pendukung industri musik digital. Mereka memberikan fasilitas distribusi gratis, apa itu cukup? tentu masih kurang bukan jika tidak ditambah dengan beberapa fitur tambahan lainnya.

Apa itu AWAL?

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com

AWAL didirikan tahun 1997 oleh Denzyl Feigelson, Kevin Bacon serta Jonathan Quarmby dan saat itu berkantor pusat di London, Inggris. Pada Desember 2011 AWAL diakuisisi oleh Kobalt Music Group dan secara resmi menjadikan AWAL sebagai divisi ‘digital music distribution’.

Sampai saat ini mereka sudah mendirikan beberapa kantor pusat diberbagai kota besar di seluruh dunia, yaitu London, New York, Los Angeles, Atlanta, Berlin, Hong Kong, Miami, Nashville, Stockholm, Paris, Sydney dan Toronto.

Februari 2021 lalu sebenarnya AWAL akan diakuisisi dari Kobalt Music Group oleh Sony Music, namun prosesnya masih terhambat oleh beberapa regulasi dan keputusan akhirnya menurut informasi akan ditetapkan pada Mei 2021. Namun, sepertinya sampai saat ini proses tersebut juga masih belum mendapatkan keputusan.

Sebagai agregator musik, fungsi AWAL adalah distributor musik bagi musisi untuk mendistribusikan karya musiknya menuju keberbagai gerai musik digital. Jalur distribusi AWAL saat ini mencakup sekitar 100 platform dan seiring waktu juga terus bertambah.

Mereka juga termasuk salah satu agregator musik yang menerapkan distribusi gratis bagi penggunanya, namun yang unik adalah cara untuk bergabung ke dalam AWAL. Tidak seperti para kompetitornya yang juga memiliki paket distribusi gratis, yang menerima setiap musisi yang ingin menggunakan platformnya.

AWAL akan menyeleksi setiap calon pengguna layanan mereka dan harus ada beberapa kriteria yang terpenuhi sebelum bergabung. Konsep seperti ini sangat menarik bagi kami, apalagi bisa dijadikan sebagai ajang tolok ukur kelayakan suatu karya musik sebelum terdistribusikan.

Fitur utama AWAL

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com

‘Music distribution’

Jalur distribusi AWAL adalah salah satu yang paling besar, saat ini semua platform utama ada dalam daftarnya termasuk Spotify, Apple Music, Amazon Music, iTunes, YouTube Music, Deezer, dan banyak lagi mencapai sekitar 100 platform serta cakupan distribusinya mencapai 200 wilayah di seluruh dunia.

Seperti yang sering kali sudah kami sampaikan, dalam pemilihan agregator musik jangan melihat jumlah platform distribusinya tetapi yang terpenting adalah apakah toko utama sudah ada dalam daftarnya. Selama hal tersebut sudah terpenuhi, itu sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan distribusi dan juga akan semakin mempermudah proses pengawasannya.

‘Playlist promotion’

AWAL juga termasuk mitra resmi dari Spotify, iTunes dan Pandora, dengan demikian saat menggunakan AWAL peluang musik yang didistribusikan masuk ke dalam daftar putar resmi platform tersebut juga semakin besar. Biarpun demikian akan tetap ada beberapa penilaian yang ditentukan dan yang pasti kualitas dari musiknya sendiri adalah salah satu faktor penentu utama.

‘Blog, community and support’

Dalam fitur blognya tersedia banyak artikel yang membahas tentang segala sesuatu yang ada dalam dunia musik, mulai dari tips dan trik sampai beberapa kisah tentang perjalanan karir seorang musisi. Fitur seperti ini memang bukan fasilitas utama yang dibutuhkan dalam distribusi, namun sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan terutama bagi para musisi baru.

Secara resmi AWAL memang tidak memiliki forum, namun mereka kerap kali menganjurkan agar setiap penggunanya saling berinteraksi melalui media sosial. Salah satu tujuannya adalah agar terbentuk jaringan yang kuat dan bisa saling ‘support’ saat ditemui kendala oleh salah satu pengguna platformnya.

Dari hasil pantauan kami semua media sosial AWAL sangat aktif dan mereka tidak hanya menyuguhkan informasi seputar layananannya saya, namun juga informasi lain tentang berbagai hal yang ada dalam industri musik. Hal-hal seperti ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi terkini yang sedang tren dalam bidang industri musik secara global.

‘Video monetization’

Karena AWAL adalah mitra Google dan YouTube adalah platform video terbesar, kebutuhan akan Content ID secara otomatis akan diberikan oleh AWAL bagi para penggunanya yang membutuhkan. Fitur ini bukanlah sesuatu yang istimewa karena banyak agregator lain yang juga menyediakannya, namun AWAL menjanjikan proses pengajuan Content ID bisa berjalan dengan cepat.

‘AWAL app’

AWAL juga memiliki aplikasi sendiri untuk operasional platformnya, dengan penggunaan aplikasi segala prosesnya menjadi lebih mudah dan secara kinerja juga lebih efisien. Dalam aplikasinya disediakan berbagai fitur serta informasi yang dibutuhkan oleh musisi dalam proses distribusi serta untuk pengawasan terhadap jangkauan musiknya saat sudah terdistribusikan.

Bagaimana cara kerjanya?

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com

Tidak semua pendaftar akan diterima untuk bergabung menjadi anggota AWAL, kalian harus memenuhi beberapa kriteria supaya terpilih. Beberapa ketentuannya meliputi; kualitas karya, besarnya penggemar, dan memiliki ‘branding image’ yang kuat. Oleh karena itu pastikan kalian mengembangkan beberapa hal tersebut sebelum mendaftar menjadi anggota AWAL.

Jika kalian berhasil diterima proses selanjutnya lebih kurang sama dengan agregator lainnya, kalian sudah bisa mengunggah musik untuk didistribusikan. Dari hasil komunikasi kami dengan pihak AWAL, mereka menyampaikan kecepatan proses distribusinya sekitar 1 sampai 2 minggu dan bisa juga lebih cepat tergantung dari kondisi setiap platform.

Untuk operasionalnya kalian bisa akses melalui web browser atau menggunakan aplikasi yang sudah tersedia bagi pengguna Android dan iOS, saran kami gunakan aplikasi untuk lebih mudahnya dan untuk efisiensi kerja. Dari hasil uji coba yang kami lakukan aplikasinya sangat ramah pengguna dan cukup ringan untuk berjalan di smartphone Android dengan spesifikasi kelas menengah.

Tarif distribusi

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com

Gratis untuk bergabung dan gratis untuk distribusi seberapapun banyaknya musik yang diunggah, saat ini prosentase bagi hasilnya sebesar 85% untuk musisi dan 15% untuk AWAL. Selain itu AWAL akan menawarkan beberapa hal kepada musisi yang grafik kinerjanya meningkat dan setiap penawaran mereka akan dilakukan dengan proses negosiasi dengan pihak musisi.

Dengan kondisi tersebut apa yang ditawarkan AWAL dan hasil negosiasinya dengan setiap musisi bisa saja ada perbedaan di banyak hal. Sistem kerja seperti ini tidak ditemui atau ditawarkan oleh agregator lain, walaupun beberapa rivalnya memiliki penawaran yang serupa tetapi dengan konsep yang berbeda. Jika dikategorikan saat ini terdapat 3 macam model keanggotaan yang ditawarkan oleh AWAL, yaitu:

  • AWAL Core (royalti sebesar 85%).
  • AWAL+ (royalti sebesar 85% dan dapat berubah dengan beberapa kesepakatan).
  • AWAL Recordings (segala sesuatunya berdasarkan kesepakatan dari hasil negosiasi).

Kelebihan AWAL

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com
  • Distribusi gratis dan royalti sebesar 85% bisa dikatakan normal.
  • Penawaran berbagai hal termasuk pembiayaan produksi bagi musisi yang memiliki grafik kinerja yang meningkat.
  • Kesempatan masuk daftar putar resmi dari beberapa platform utama yang bermitra dengan AWAL.
  • Fasilitas Content ID bagi musisi yang menginginkannya untuk diterapkan di video mereka.
  • Sistem operasional yang lebih efisien dengan penggunaan aplikasi.
  • Informasi jangkauan dan kinerja musik yang didistribusikan disajikan dengan terperinci.
  • Penawaran untuk tampil ‘live’ di beberapa acara yang diselenggarakan oleh AWAL.
  • Banyak kebutuhan musisi bisa dipenuhi berdasarkan negosiasi untuk hasil yang lebih optimal.

Kekurangan AWAL

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com
  • Tidak semua musisi diterima untuk bergabung menjadi anggota dan dibutuhkan banyak kesiapan untuk pendaftaran.
  • Bagi musisi yang sudah ternama dan memiliki trafik yang besar banyak yang menyatakan prosentase bagi hasilnya kurang tepat.
  • Hasil kesepakatan dari negosiasi tidak akan selalu menguntungkan pihak musisi, karena saat negosiasi kecakapan dalam hal tersebut juga sangat berpengaruh.
  • Fasilitas penerbitan yang ditawarkan kurang maksimal, karena beberapa hal dalam prosesnya harus dipenuhi musisi sendiri dan tidak bisa dilakukan melalui platform AWAL.

Kesimpulan

AWAL, Agregator Musik Gratis dengan Sistem Kerja yang Unik
Image from awal(.)com

AWAL memiliki sistem kerja yang sangat berbeda dengan para kompetitornya, yang paling membedakan tentunya adalah tidak semua musisi bisa bergabung untuk menggunakan fasilitasnya sebelum memenuhi beberapa kriteria. Hal tersebut menurut kami adalah sesuatu yang positif, dimana musisi harus mengembangkan kualitas yang dimiliki sebelum bergabung untuk mendistribusikan karya musiknya.

Penawaran layanan tambahan dengan cara bernegosiasi langsung tentu akan memberikan efek yang berbeda kepada setiap musisinya, baik atau tidak hasil kedepannya juga akan dipengaruhi banyak faktor termasuk dari hasil kesepakatan antara AWAL dengan musisi. Secara keseluruhan sebagai agregator musik fasilitas yang ditawarkan oleh AWAL sudah mencukupi jika hanya untuk memenuhi kebutuhan mendasar distribusi musik menuju layanan streaming musik digital.

Dengan cara kerja yang sudah dijabarkan apakah AWAL layak untuk digunakan? tentu saja layak, karena setiap musisi akan mendapatkan pengalaman yang berbeda walaupun menggunakan agregator yang sama dan pastinya tidak ada agregator musik yang sempurna.

Jika kalian ingin menggunakan agregator lain yang memiliki lebih banyak reputasi baik ada beberapa yang bisa dijadikan alternatif pilihan, salah satunya adalah SongCast. Ulasan tentang SongCast bisa kalian baca di tautan artikel berikut SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik.