in

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro

Kalian seorang musisi?, solois?, anak band?, DJ?, beat maker?, atau kalian aktif di berbagai hal yang kait eratannya dengan produksi audio?. Apa pun itu mungkin kalian sering kali memikirkan bagaimana cara menjual karya kalian untuk mendapatkan penghasilan.

Itu berarti kalian sudah mengarah ke ranah bisnis, tetapi pada kenyataannya tidak semua musisi yang dasyat juga merupakan pebisnis yang hebat. Setidaknya akan membutuhkan waktu untuk mempelajari suatu bisnis, hal itu juga berlaku dalam bisnis penjualan musik.

Kerja sama dengan suatu label bisa jadi salah satu pilihan terbaik, karena secara umum pihak label yang akan mendistribusikan atau mengurusi segala proses penjualan suatu karya musik. Namun, dalam kerja sama pastinya akan ada banyak kesepakatan yang harus ditentukan, salah satunya tentang pembagian penghasilan.

Saat ini musisi bisa lebih mandiri untuk mengurusi keperluan distribusi, kemajuan teknologi adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh akan hal itu. Distribusi musik secara digital bisa dijadikan langkah pertama sebagai tahap awal bisnis musik kalian.

Resiko gagal pastinya ada, tetapi bukankah itu sepadan dalam suatu proses pembelajaran, setidaknya itu akan membangun mental pebisnis dalam diri kalian. Korban karya dan biaya? iya, bersiaplah akan hal itu, bukankah biaya bisa dicari kembali dan karya baru juga bisa terus diciptakan.

iMusician, platform distribusi musik ini bisa kalian gunakan sebagai langkah awal kalian dalam bisnis penjualan musik. Apa yang membedakan mereka dengan platform lainnya?, ulasan berikut akan membahas segala hal tentang fasilitas dan layanan mereka.

Apa itu iMusician?

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro

iMusician adalah agregator musik yang beroperasi secara resmi dan global semenjak tahun 2005, tetapi sebenarnya mereka sudah ada sejak tahun 1999 dan berawal dari label rekaman independen bernama Sog Records. Platform ini didirikan oleh Tobias Wirz dan Shigs Amemiya di Zurich, Switzerland.

Saat ini kantor pusat utama mereka ada di Berlin, Jerman. Disadur dari halaman resminya, paltform mereka sudah digunakan oleh lebih dari 200 ribu musisi independen di seluruh dunia serta pengguna terbesar berasal dari Amerika Serikat dan Brasil.

Fungsi utama mereka adalah sebagai fasilitator bagi musisi untuk mendistribusikan musiknya menuju berbagai layanan streaming musik. Jangkauan distribusi mereka termasuk yang paling besar dibandingkan kompetitornya, sekitar 250 gerai musik digital ada di dalam daftarnya.

Fasilitas tambahan juga banyak dihadirkan oleh iMusician dan seperti kebanyakan agregator lainnya ada sebagian fitur tambahan yang berbayar jika digunakan. Dalam bisnis ini mereka mungkin tidak sepopuler beberapa pesaingnya, hal itu wajar karena sangat jarang ditemui materi promosi layanan dari iMusician.

Fitur utama iMusician

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro

01. Kecepatan distribusi

Fitur ini termasuk fitur tambahan, karena untuk mendapatkan layanan kecepatan distribusi antara 24 jam sampai 48 jam kalian akan dikenakan biaya. Jika tidak menggunakannya maka akan didistribusikan dalam waktu 2 minggu. Hal ini menurut kami sedikit aneh, karena kebanyakan agregator lainnya tidak pernah memasang tarif untuk kecepatan proses distribusi.

02. Layanan Mixing dan Mastering

Dalam hal ini iMusician bekerja sama dengan JP Masters, mereka menawarkan layanan mixing dan mastering secara digital. Ini juga termasuk layanan tambahan dan akan dikenakan biaya jika digunakan, tarifnya tergantung dari jumlah track lagu serta panjang durasinya.

03. Sinkronisasi ‘Music Gateway’

iMusician juga bermitra dengan Music Gateway, layanan ini bisa sangat menguntungkan bagi musisi. Dengan menggunakannya maka saat musik terdistribusikan akan ada iklan yang ditampilkan. Dengan begitu pendapatan yang dihasilkan tidak hanya dari penjualan musik tetapi juga dari iklan yang muncul, besarnya penghasilan tergantung dari beberapa faktor yang akan digunakan sebagai dasar prosentase perhitungan pendapatan.

04. Penentuan jadwal perilisan

iMusician membebaskan penentuan jadwal perilisan, tetapi jika kalian membutuhkannya sebaiknya proses unggahan dilakukan paling lambat 2 minggu sebelum waktu yang ditentukan. Hal itu untuk menghindari adanya tambahan biaya jika waktu yang ditentukan terlalu dekat dengan waktu saat proses mengunggah.

05. YouTube content ID

YouTube content ID juga tersedia di dalam layanan distribusi iMusician, namun fitur ini hanya tersedia secara gratis di beberapa paket saja. Jika kalian memilih paket yang tidak menyediakannya dan ingin menambahkan fitur tersebut kalian akan dikenakan biaya tambahan.

06. ‘Cover songs’

iMusician memungkinkan musisi untuk mendistribusikan lagu cover, namun kalian tidak akan mendapatkan lisensi atas lagu tersebut. Selain itu tentunya akan diterapkan prosentase pembagian pendapatan dengan pemilik lagu aslinya, fitur ini menjadi salah satu daya tarik dari layanan yang disediakan mereka.

07. Produksi CD dan Vinyl

100 Vinyl adalah perusahaan untuk pembuatan atau produksi rilisan fisik seperti CD dan Vinyl, mereka juga salah satu rekanan dari iMusician. Jika kalian menggunakannya melalui perantara iMusician maka akan mendapatkan diskon sekitar 10% sampai 20% tergantung dari jumlah produksi yang kalian pesan. Selain itu untuk kebutuhan pembuatan merchandise juga bisa melalui mereka.

08. iTunes Pro

Fasilitas iTunes Pro hanya tersedia untuk paket distribusi yang paling tinggi, jika kalian menggunakan paket lainnya dan menginginkan fitur tersebut maka akan dikenakan biaya tambahan. Beberapa keuntungan saat menggunakan iTunes Pro adalah; fitur pre-order, kustomisasi tautan, digital booklet, fitur pembaruan profil artis, serta fitur pemberian hadiah terhadap pendengar. Untuk menggunakan fitur pre-order iTunes, iMusician menyarankan untuk mengunggah musik paling lambat 4 minggu sebelum waktu yang ditentukan.

09. Sistem pembayaran

Untuk penarikan pendapatan bisa melalui PayPal ataupun transfer antar rekening bank dan iMusician tidak menentukan jumlah minimal serta kapan waktunya, dalam hal ini kalian diperbebaskan. Namun, mereka tidak menyediakan fitur pembayaran terpisah jika pendapatan yang kalian dapatkan seharusnya ada prosentase untuk pihak lain.

10. Analisis statistik

Dalam dashboard penggunanya akan disajikan informasi tentang jangkauan musik dan pendapatan yang sudah dihasilkan dan laporannya dibagi dalam 2 bentuk laporan yaitu harian dan bulanan. Jika dibandingkan dengan analitik dari agregator musik lainnya, yang disajikan iMusician jauh lebih sederhana.

11. Layanan konsumen

iMusician menyediakan fasilitas untuk komunikasi dan layanan konsumen melalui email serta hanya beroperasi pada hari senin sampai jumat, rata-rata mereka akan menanggapinya dalam waktu 24 jam. Dukungan layanan konsumen melalui telepon hanya tersedia bagi musisi yang menggunakan paket distribusi tertinggi.

Cara kerja iMusician

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro

Pertama tentunya kalian harus membuat akun dan mengisikan informasi identitas kalian ke dalam akunnya, setelahnya kalian bisa memilih paket distribusi yang disediakan dan pastikan kalian memilih paket yang paling sesuai dan membaca setiap penjelasannya. Proses untuk pembayaran paketnya bisa melalui kartu kredit dan PayPal, setelah itu proses mengunggah musik sudah bisa kalian kerjakan serta pastikan mengisi metadata yang diperlukan dengan sangat terperinci.

iMusician adalah salah satu agregator yang memiliki aplikasi sendiri, pada dasarnya aplikasinya hanyalah versi konversi dari tampilan mobile browser, namun itu jauh lebih baik untuk digunakan terutama bagi yang aktif menggunakan smartphone. Saat ini aplikasinya hanya tersedia bagi pengguna Android dan bagi pengguna PC desktop tentunya hanya bisa mengakses melalui browser.

Setelah semua proses selesai kalian bisa membuka dashboardnya untuk mempelajari fitur-fiturnya dan disaat musik kalian sudah terdistribusikan semua informasinya secara otomatis akan ditampilkan di dalamnya. Untuk update informasi seputar layanan mereka, akan dikirimkan melalui email dan kebanyakan tentang artikel baru yang ada dalam fitur blognya serta tawaran untuk menggunakan layanan tambahan lainnya.

Paket dan harga

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro

Sebenarnya hanya ada 4 pilihan paket distribusi yang disediakan, namun di dalam setiap paketnya juga terdapat beberapa fitur tambahan yang dikenakan biaya. Selain itu juga terdapat beberapa pilihan untuk upgrade paket serta penawaran fitur khusus yang menawarkan diskon jika digunakan sekaligus. Untuk lebih detailnya kalian bisa langsung mengunjungi halaman resminya, sedangkan penjelasan 4 pilihan paket utamanya yaitu:

Starter

  • Tarifnya 2 dollar per track
  • Menerima royalti 70%
  • Distribusi hanya untuk 1 platform
  • Waktu distribusi 2 minggu

Regular

  • Tarifnya 5 dollar per track
  • Menerima royalti 85%
  • Distribusi untuk semua platform
  • Waktu distribusi 2 minggu

Rockstar

  • Tarifnya 20 dollar per track
  • Menerima royalti 100%
  • Distribusi untuk semua platform
  • Waktu distribusi 1 minggu

Pro Unlimited

  • Tarifnya 299 dollar per tahun
  • Unggahan musik tak terbatas
  • Menerima royalti 100%
  • Distribusi untuk semua platform
  • Waktu distribusi 1 minggu

Apa yang diharapkan dari iMusician?

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro

Pertanyaan itu banyak ditanyakan ke kami bebarengan dengan permintaan untuk mengulas iMusician, mungkin karena banyak yang merasa sedikit kebingungan dengan aturan yang diterapkan oleh mereka. Jujur saja kami belum pernah menggunakan layanan dari iMusician.

Namun, dari banyak hasil penelusuran kami dan juga dari komunikasi kami dengan iMusician, platform ini cukup banyak menyajikan perhitungan yang sangat mendetail di setiap layanan dan fitur-fiturnya. Dari segi bisnis perhitungan yang rinci memang sudah seharusnya diterapkan, dan jika kalian ingin bermusik dan berbisnis perhitungan seperti apa yang akan kalian terapkan?.

Kelebihan iMusician

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro
  • Jalur distribusinya sangat banyak, saat ini terdapat sekitar 250 platform.
  • Tersedia layanan mixing dan mastering secara digital dengan harga terjangkau.
  • Terdapat fasilitas untuk produksi rilisan fisik dan merchandise.
  • Sinkronisasi ‘Music Gateway’ yang memungkinkan untuk menambah penghasilan.
  • Bisa mendistribusikan lagu cover tanpa banyak menerapkan aturan khusus.
  • Fitur iTunes Pro yang sangat menguntungkan dan jarang dihadirkan oleh pesaingnya.
  • Antarmuka yang disajikan dalam dashboardnya sangat sederhana dan mudah dioperasikan.

Kekurangan iMusician

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro
  • Dikenakan biaya tambahan untuk kecepatan distribusi.
  • Tidak ada fitur pembagi atau pemisah penghasilan untuk beberapa pihak.
  • Fitur analitiknya terlalu mendasar dan sederhana atau tidak terperinci.
  • Tidak tersedia fungsi atau layanan penerbitan.
  • Portal layanan konsumennya kurang maksimal dan tidak aktif setiap hari.
  • Media sosial mereka jarang aktif dan nyaris tidak ada interaksi di dalamnya.
  • Penerapan pilihan paket dan harga yang cenderung membingungkan.

Kesimpulan

iMusician, Platform Distribusi Musik yang Unik
Image from imusician(.)pro

Unik, itulah satu hal menurut kami tentang layanan dari iMusician, mereka cukup banyak menyediakan layanan yang menguntungkan, tetapi juga menyodorkan perhitungan biaya operasional yang sangat mendetail. Dari sisi pemilik platform terlihat sangat tepat untuk diterapkan, namun bagi musisi yang baru memulai sepertinya akan cukup banyak menimbulkan pertanyaan dan kebingungan.

Hal yang menurut kami cukup berbelit-belit ada di pilihan paket dan harga distribusi yang ditetapkan, mereka menawarkannya masih dengan menyertai berbagai pilihan di dalamnya. Bagi musisi yang mencari kepraktisan ini akan kurang tepat, tetapi bagi musisi yang ingin perhitungan mendetail bisa jadi sekaligus sarana untuk belajar.

Bagaimanapun, iMusician tentunya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan distribusi musik digital serta mereka juga banyak menawarkan layanan tambahan yang menguntungkan dan beberapa diantaranya tidak dimiliki oleh rivalnya. Fitur iTunes Pro dan layanan distribusi lagu cover adalah adalah beberapa layanan yang cukup menggiurkan.

Jika kalian lebih menyukai cara distribusi dangan perhitungan yang lebih praktis tetapi juga menawarkan berbagai layanan tambahan di dalamnya, ada agregator lain yang bisa digunakan, salah satunya ONErpm. Ulasan tentang ONErpm bisa kalian baca di dalam tautan artikel berikut ONErpm Agregator Musik Gratis dan Praktis.