in

SOUNDROP, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com

Bagaimana cara distribusi lagu cover ke platform streaming digital?, pertanyaan seputar hal itu akhir-akhir ini cukup sering dikirimkan ke alamat surel kami. Jawaban singkatnya, caranya sama dengan mendistribusikan musik atau lagu pada umumnya.

Pertanyaan yang lebih tepat seharusnya adalah, agregator musik apa yang bisa melayani untuk pendistribusian lagu cover serta dapat menerbitkan lisensinya?. Jika hanya sekedar untuk distribusi, banyak agregator yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut, namun untuk menerbitkan lisensi atas lagu cover tidak semua agregator menyediakannya.

Mengunggah lagu cover bisa jadi suatu strategi yang diterapkan oleh beberapa musisi, salah satu tujuannya adalah untuk menjangkau banyak audiens baru. Lagu yang di cover umumnya adalah lagu yang sudah populer dan lagu dari musisi atau artis papan atas, hal itu memang sah untuk dilakukan selama semua prosedur atau persyaratannya terpenuhi.

Soundrop adalah salah satu agregator musik yang bisa memfasilitasi akan kebutuhan tersebut, selain mendistribusikan mereka juga mampu untuk menerbitkan lisensi atas lagu cover yang diunggah. Apa cuman itu saja kelebihan dari Soundrop?.

Jika iya, memang cuman itu saja kelebihannya pastinya sangat tidak menarik bukan?. Artikel berikut akan membahas berbagai hal yang ditawarkan oleh Soundrop dan bagi kalian para musisi, apakah kalian memiliki rencana untuk mendistribusikan lagu cover dari musisi favorit kalian?.

Apa itu Soundrop?

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com

Soundrop didirikan tahun 2011 di Skandinavia oleh Inge Andre Sandvik, Johann Prieur, Ali Sabil dan Ole Andre Vadla Ravnas. Mereka sempat di bawah naungan X5 Music Group sampai pada 23 Oktober 2016 Soundrop diakuisisi oleh CD Baby. Saat ini dengan menggandeng Northzone sebagai investor, diperkirakan platformnya menghasilkan pendapatan sekitar 2,6 juta dollar per tahun.

Sebagai agregator musik fungsi utama mereka adalah untuk mendistribusikan musik menuju ke berbagai platform layanan streaming digital. Gerai musik yang ada dalam jangkauan distribusi mereka saat ini hanya ada belasan, memang sangat sedikit jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang menyediakan distribusi menuju ratusan platform.

Platform utama yang ada dalam daftarnya adalah Spotify, Apple Music dan iTunes, Amazon Music, Facebook dan Instagram, Deezer, Pandora serta TikTok. Selama daftar toko utama sudah tersedia, menurut kami itu sudah sangat mencukupi dan lebih mudah untuk proses promosi dan pengawasannya.

Fitur utama Soundrop

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com

Distribusi dan lisensi lagu cover

Fungsi distribusi secara umum tentu bisa dikerjakan oleh Soundrop, kalian bisa mendistribusikan karya musik kalian sendiri apa pun genrenya. Fungsi ini sama dengan apa yang ditawarkan oleh kebanyakan agregator musik pada umumnya dan itu memang fungsi utama mereka.

Karena Soundrop terkait dengan CD Baby dan juga bermitra dengan LANDR, untuk proses distribusi lagu cover jadi lebih mudah sebab mereka bisa menerbitkan lisensinya, fitur ini sering kali menjadi pertimbangan dalam pemilihan agregator. Beberapa agregator lain memang bisa untuk pendistribusian lagu cover, namun jarang yang sekaligus bisa untuk menerbikan lisensi mekanisnya.

Proses kecepatan distribusi Soundrop rata-rata membutuhkan waktu 2 hari sampai 2 minggu dan jika kalian ingin menetapkan jadwal perilisan, mereka menyarankan untuk mengunggahnya 4 minggu sebelum waktu yang ditentukan.

Akses menuju Show.co

Show.co adalah platform untuk mempromosikan karya yang ada dalam layanan streaming digital seperti Spotify, SoundCloud serta YouTube. Mereka menyediakan paket promosi gratis dan juga berbayar, untuk menggunakannya sebenarnya bisa dikerjakan sendiri langsung melalui halaman resminya.

Namun, dengan menggunakan Soundrop secara otomatis juga akan mendapatkan fasilitas layanan dari Show.co, sehingga lebih menghemat waktu atau lebih efisien. Layanan ini sepenuhnya gratis jadi sangat direkomendasikan untuk digunakan karena juga sangat menguntungkan.

Sistem pembayaran

Proses penarikan royalti yang didapatkan bisa melalui PayPal dan juga menggunakan Cek Bank, untuk lebih mudahnya tentunya kami lebih merekomendasikan menggunakan PayPal. Minimal nominal pendapatan yang bisa ditarik harus sudah terkumpul 20 dollar.

Jika menggunakan PayPal waktu penarikannya bisa dilakukan kapan pun terserah kalian dan jika menggunakan Cek Bank hanya bisa diproses setiap hari senin sampai jumat dan saat jam kerja. Untuk informasi lebih detailnya kalian bisa langsung mengunjungi website mereka.

Analitik dan pelaporan

Biarpun Soundrop terkait dengan CD Baby dan LANDR, data analitik yang Soundrop laporkan tidaklah sedetail keduanya, namun juga sudah mencukupi untuk digunakan sebagai bahan analisa. Laporan yang mereka informasikan juga tidak disajikan secara real time, penting atau tidaknya fitur ini tentu kembali ke setiap musisi yang menggunakannya.

Kemudahan operasional

Platform mereka adalah salah satu yang menyuguhkan antarmuka pengguna secara sederhana dan mendasar, keseluruhan proses navigasi platformya sangat mudah dimengerti. Jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, untuk hal ini Soundrop juaranya.

Layanan dan dukungan

Untuk berbagai informasi umum, di situsnya Soundrop sudah menyediakan fitur F.A.Q yang cukup komplit dan mencakup banyak hal tentang layanan mereka. Kalian juga bisa menghubungi mereka melalui email, namun untuk hal itu kalian diwajibkan mendaftar atau menjadi member terlabih dahulu.

Cara kerja Soundrop

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com

Cara kerjanya juga sederhana, setelah kalian bergabung dalam platformnya kalian bisa langsung mengunggah musik yang akan didistribusikan. Soundrop bisa digunakan sepenuhnya gratis untuk distribusi lagu kalian sendiri, namun jika yang diunggah lagu cover akan ada biaya yang harus dibayarkan.

Setelah musik terdistribusikan, semua laporan aktivitasnya bisa kalian akses melalui dashboard penggunanya. Dari hasil royalti yang didapatkan Soundrop akan memotongnya sebesar 15% sebagai imbalan mereka dan sisanya 85% sepenuhnya menjadi hak musisi.

Paket dan harga

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com

Gratis jika kalian gunakan untuk mendistribusikan karya kalian sendiri, seberapa banyak pun rilisan yang kalian miliki. Sedangkan untuk lagu cover akan dikenakan biaya sebesar 9,99 dollar per lagu dan dari royalti yang didapatkan dari keseluruhan unggahan kalian akan dipotong sebagai komisi untuk Soundrop sebesar 15%.

Beberapa kelebihan Soundrop

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com
  • Gratis untuk pendistribusian karya musik atau lagu sendiri.
  • Platformnya sangat mudah untuk dipergunakan.
  • Setiap penggunanya mendapatkan fasilitas dari Show.co.
  • Tersedia fitur pembagian royalti secara otomatis.
  • Menyediakan fasilitas untuk penetapan waktu perilisan.
  • Mampu menerbitkan lisensi mekanis untuk lagu cover.
  • Kemudahan proses penarikan pendapatan.

Beberapa kekurangan Soundrop

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com
  • Tidak banyak fasilitas tambahan yang ditawarkan.
  • Layanan untuk komunikasi dengan konsumen hanya bisa melalui email.
  • Data laporan analitiknya tidak disajikan dengan terperinci.
  • Tidak terdapat fitur blog sebagai media informasi dan edukasi.
  • Tidak memiliki layanan penerbitan untuk karya musik original.
  • Jalur distribusinya tidak mencakup banyak platform.
  • Tidak memiliki forum resmi bagi para penggunanya.

Kesimpulan

Soundrop, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis
Image from soundrop(.)com

Gratis untuk mendistribusikan karya original tanpa batasan jumlah rilisan, bisa untuk distribusi lagu cover dengan tarif terjangkau dan mampu menerbitkan lisensinya, sepertinya yang ditawarkan oleh Soundrop sangat menggiurkan bukan?.

Potongan komisi sebesar 15% masih bisa ditoleransi karena bisa dikatakan layanan mereka sepenuhnya gratis serta masih disertai dengan pemberian beberapa fasilitas tambahan. Kesederhanaan antarmuka platformnya dan kemudahan cara operasionalnya juga semakin membuat Soundrop layak untuk digunakan.

Bagi kalian yang suka mengcover lagu dan ingin mendistribusikannya secara legal, platform ini mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan fitur ini menurut kami adalah yang paling menarik dari layanan mereka. Secara mendasar, Soundrop mampu memenuhi segala kebutuhan untuk distribusi musik menuju platform streaming digital, walaupun jalur distribusinya terbatas dan tidak disertai banyak layanan pendukung lainnya.

Jika kalian ingin membandingkannya dengan agregator musik lainnya yang menyediakan layanan distribusi gratis dan juga sederhana secara operasionalnya ada beberapa yang bisa kalian bandingkan, salah satunya adalah Level. Ulasan tentang Level bisa kalian baca di tautan artikel berikut Level Agregator Musik yang didukung Warner Music Group.