in

“EmuBands” Apakah Agregator Musik yang Efektif?

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Menjadi musisi independen di era modern adalah salah satu hal yang paling menarik, setidaknya itu menurut kami. Namun, itu juga berarti kita harus menghadapi banyak tantangan yang dihadapi secara independen pula. Dari banyaknya tantangan yang bermunculan, salah satunya adalah tentang pendistribusian karya musik supaya menjangkau banyak pendengar.

Distribusi menuju platform streaming musik digital sekarang menjadi seperti sebuah permainan, saat kita memahami alur mainnya kemungkinan menang pasti ada, tetapi peluang untuk kalah juga akan selalu menyertainya. Apa pun dan sebesar apa resikonya harus siap diterima dan seperti permainan pada umumnya jika kita kalah kita bisa mengulanginya menggunakan strategi baru.

EmuBands, sebagai salah satu agregator bisa kita gunakan sebagai fasilitator untuk memenuhi kebutuhan pendistribusian tersebut. Apa mereka cukup kompeten untuk hal itu? pastinya iya, tetapi pertanyaan yang lebih tepat adalah apakah kita cukup kompeten saat memilih dan menggunakannya?.

Apa itu EmuBands?

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Ini adalah salah satu platform distribusi musik yang sudah sangat lama ada, EmuBands didirikan di Glasgow, United Kingdom pada tahun 2005 oleh satu tim yang berisikan sekelompok musisi dan beberapa orang yang aktif di industri musik. Saat ini EmuBands dikepalai oleh Ally Grey, yang dulunya adalah seorang anggota dewan Asosiasi Industri Musik Skotlandia.

Fungsi utama mereka tentunya sama dengan agregator lainnya, yaitu untuk mendistribusikan karya musik menuju ke berbagai layanan streaming musik digital. Beberapa fasilitas tambahan juga disediakan, namun sifatnya opsional menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing musisinya. Mereka adalah salah satu agregator musik dengan cara kerja paling sederhana, pada intinya kalian membayar, mereka mengerjakan dan kalian dapat penghasilan.

Fitur utama EmuBands

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Distribusi

Jangkauan distribusi EmuBands termasuk yang paling banyak, saat ini ada sekitar 150 gerai musik digital dalam daftarnya dan terus bertambah. Jumlah toko digital dalam suatu distribusi musik sebenarnya tidak terlalu penting, selama semua toko utama ada didalam daftarnya itu sudah mencukupi. Sedikit tetapi efektif itu lebih baik, dari pada banyak namun susah dalam pemantauannya.

Akses instan Spotify Artis

Fitur ini juga sudah banyak dihadirkan oleh agregator lain, namun EmuBands melakukannya secara otomatis tidak seperti agregator lain yang seringnya harus dilakukan proses klaim secara manual. Jika terjadi kesalahan karena kesamaan nama artis misalnya, kalian bisa melaporkannya untuk dilakukan proses klaim ulang secara manual.

Penetapan waktu perilisan

Penetapan jadwal perilisan juga bisa ditentukan, EmuBands menyarankan untuk mengunggahnya minimal 2 minggu sebelum waktu yang ditentukan. Jika kalian tidak mengaturnya maka akan didistribusikan secepatnya dan paling lama waktu yang dibutuhkan menurut mereka sekitar 1 minggu dalam kondisi normal.

‘Charts Registrations’

EmuBands memiliki mitra diberbagai industri musik yang ada dibeberapa negara, sehingga mereka bisa mengirimkan musik dari musisi yang menggunakannya untuk masuk kedalam beberapa ‘Music Charts’. Untuk hal itu ada ketentuan yang harus dipenuhi dan salah satunya adalah besarnya audiens yang dimiliki artis. Saat ini music charts yang ada dalam jalur distribusinya mencakup Inggris, Irlandia, Canada dan Amerika Serikat.

‘iTunes Digital Booklet’

Fitur ini sebenarnya bukanlah hal yang terlalu penting, namun sangat menarik untuk digunakan. Fungsinya untuk memberikan catatan atau pesan singkat dalam rilisan kalian di iTunes, hal ini bisa lebih meningkatkan daya tarik dari musik yang sedang didengarkan oleh penggemar. Fasilitas ini gratis jadi memang dianjurkan untuk digunakan.

‘Gracenote MusicID CD Registration’

Jika musik yang kalian distribusikan juga ada rilisan fisiknya (Audio CD), EmuBands bisa mendaftarkannya dengan Gracenote (platform pendaftaran identitas tampilan lagu/musik). Hal ini masih sangat jarang ditemui terutama di Indonesia. Cara kerjanya, saat CD kalian diputar kedalam perangkat yang mendukung Gracenote maka identitas musik kalian dan apa saja yang bersangkutan dengan musik tersebut akan ditampilkan kedalam tampilan layar yang tersedia. Saat ini perangkat audio yang mendukung Gracenote biasanya hanya ditemui didalam kendaraan atau mobil mewah.

‘Shazam Registration’

Shazam adalah platform yang jarang ditemui dalam jalur distribusi musik suatu agregator, dan jika kalian menggunakan EmuBands distribusi menuju Shazam sudah termasuk dalam daftarnya. Shazam adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Apple inc. semenjak diakuisisi dari pengembang aslinya Shazam Entertainment Limited pada tahun 2018.

Akses data penjualan

EmuBands dalam dashboardnya akan menyajikan laporan penjualan secara langsung dari beberapa platform layanan streaming yang ada dalam daftarnya. Data yang ditampilkan juga terperinci sehingga bisa digunakan untuk analisa kinerja rilisan kalian. Jika kalian mau, kalian juga bisa mengunduhnya untuk digunakan dalam analisa secara offline.

‘Professional Mastering’

Alchemy Mastering adalah salah satu platform rekanan dari EmuBands, jika kalian membutuhkan proses mastering digital untuk musik yang akan didistribusikan kalian bisa menggunakannya. Tentunya ada biaya yang harus dibayarkan, tetapi jika melalui EmuBands maka akan mendapatkan diskon sebesar 20% dari harga normalnya.

‘Apple Digital Masters’

Apple Digital Masters adalah fasilitas mastering musik yang disediakan khusus bagi pengguna layanan Apple. Jika kalian memilikinya dan mau menggunakannya, EmuBands akan melakukan prosesnya secara gratis sebelum proses pendistribusian menuju layanan streaming Apple Music dan iTunes.

Layanan konsumen

EmuBands menjanjikan layanan konsumen yang responsif, apa pun yang ingin kalian tanyakan atau ada keluhan saat menggunakannya, kalian bisa menghubungi mereka setiap saat. Untuk soal teknis mereka menyarankan melalui email dan telepon supaya segera terselesaikan, untuk soal non teknis bisa melalui jejaring media sosial.

Proses pembayaran

Dalam hal ini EmuBands sangat mengungguli para pesaingnya dan menjadi yang terbaik. Mereka memberikan akses informasi pendapatan royalti secara real time dan bisa diakses setiap saat. Untuk proses penarikan pendapatan yang diperoleh juga tidak ada aturan khusus yang harus dipenuhi, berapa pun jumlahnya, kapan pun mau ditarik tidak dipermasalahkan oleh mereka.

Bagaimana cara kerjanya?

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Sama seperti layanan distribusi lainnya, kalian harus mendaftar atau membuat akun dan memilih salah satu paket distribusi yang disediakan. Proses mengunggah musik bisa dilakukan setelah proses pembayaran diselesaikan, untuk menghindari pengulangan unggahan pastikan semua sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh EmuBands serta isikan semua metadata yang diperlukan untuk kebutuhan legalitas musik kalian.

Fasilitas tambahan seperti mastering dan pembuatan cover artwork serta beberapa sarana promosi lainnya bersifat opsional, silahkan dipergunakan jika memang diperlukan. Semua fasilitas tersebut tentunya berbayar, berguna atau tidak bagi musisi itu adalah hal yang tidak bisa dipastikan, karena setiap musisi memiliki kebutuhan dan strategi yang berbeda dalam proses distribusinya.

Pilihan paket dan harga

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Ada 3 pilihan paket yang tersedia, semuanya berbayar dan sekali bayar tanpa ada sistem berlangganan. Kalian tinggal mengulangi proses pemilihan paket setiap akan mendistribusikan karya baru sesuai dengan kategori rilisan yang diunggah.

Single

  • Tarifnya 42,50 dollar
  • 1 sampai 2 tracks
  • Royalti 100%
  • Gratis kode UPC / ISRC
  • Gratis nama label

EP

  • Tarifnya 59,95 dollar
  • 3 sampai 5 tracks
  • Royalti 100%
  • Gratis kode UPC / ISRC
  • Gratis nama label

Album

  • Tarifnya 84,95 dollar
  • 6 sampai 20 tracks
  • Royalti 100%
  • Gratis kode UPC / ISRC
  • Gratis nama label

Kalian akan mendapatkan diskon sebesar 20% jika mendistribusikan rilisan sekaligus dalam jumlah banyak dan mencapai nilai total pembayaran sebesar 175 dollar. Untuk yang membutuhkan YouTube Content ID, EmuBands memasang tarif sebesar 14 dollar per tahun untuk setiap rilisan dan ini juga bersifat opsional.

Kelebihan EmuBands

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Sistem kerja mereka sederhana, kalian membayar sesuai dengan kebutuhan kalian dan semua penghasilan yang didapatkan 100% menjadi hak kalian, selama kalian menggunakannya dan tanpa ada biaya langganan per bulan atau per tahun. Fitur yang diberikan juga ada beberapa yang tidak disediakan oleh para pesaingnya dan beberapa hal tersebut sangat menguntungkan serta beberapa diantaranya diberikan secara gratis. Layanan konsumen yang responsif serta kemudahan dalam proses penarikan pendapatan juga menjadi beberapa kelebihan mereka.

Kekurangan EmuBands

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Tarif mereka saat ini menjadi yang paling mahal jika dibandingkan agregator lainnya, selain itu layanan YouTube Content ID yang umumnya sudah satu paket dalam distribusi, oleh EmuBands dikenakan biaya tersendiri dengan sistem langganan tahunan. Media sosial mereka memang aktif, namun postingan yang disajikan terkesan sangat ala kadarnya. EmuBands saat ini juga tidak memiliki forum dan blog, seakan menunjukkan bahwa mereka hanya fokus pada bisnis saja, tanpa ada edukasi didalamnya.

Kesimpulan

EmuBands Apakah Agregator Musik yang Efektif
Image from emubands(.)com

Menurut kami pribadi, dengan cara kerja EmuBands yang ‘to the point’ dalam prosesnya, kami sangat menyukai hal tersebut. Dengan begitu semuanya menjadi sangat jelas, kita membayar kemudian mereka mengerjakan dan kita menerima semua hasilnya, selesai. Harga paket distribusi mereka memang lebih mahal, namun jika diperhitungkan secara jangka panjang dan dilihat dari fasilitas yang didapatkan serta penerapan aturan yang cukup fleksibel, menurut kami itu masih sangat layak.

Pada intinya EmuBands bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan distribusi musik digital secara umum, baik atau tidaknya kembali disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing musisi atau artisnya. Jika kalian mencari agregator yang menyediakan distribusi secara satuan atau eceran (per platform) dengan harga lebih terjangkau juga ada yang menyediakannya, misalnya Record Union. Ulasan tentang Record Union bisa kalian baca di tautan artikel berikut Record Union, apakah Platform Distribusi Musik ini bisa diandalkan?.