in

“SongCast” Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik?

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image from songcastmusic(.)com

Distribusi musik secara digital memang sangat mudah untuk dilakukan, namun dengan banyaknya agregator musik saat ini terkadang justru menimbulkan kebingungan dalam proses pemilihannya. Berbagai fasilitas tambahan mereka tawarkan dan seringnya faktor itu yang jadi bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Beberapa nama besar dalam bidang ini memang lebih mendominasi, namun dengan nama besar yang mereka miliki apakah hal itu menjamin akan suksesnya musisi saat menggunakannya?. Jawabannya 99% tidak menjamin, bagaimanapun penentu prosentase terbesar kesuksesan distribusi musik digital adalah musisinya sendiri.

Tetapi, dengan menggunakan agregator musik yang memiliki reputasi bagus peluang untuk sukses tentunya juga semakin besar. SongCast, platform distribusi musik ini adalah salah satu yang memiliki banyak ulasan positif dan hal itu menunjukkan bahwa reputasi mereka memang cukup baik.

Namun, tentunya tidak cukup bagi musisi hanya sekedar mengetahui kadar reputasinya tanpa mengetahui apa saja yang ada dalam platformnya. Artikel berikut akan membahas berbagai hal yang ada serta apa saja yang ditawarkan oleh SongCast dalam layanannya.

Apa itu SongCast?

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by Sammy Williams from Pixabay

Platform ini adalah salah satu yang sudah lama ada, berdiri sejak tahun 2006 dengan kantor pusatnya berada di Akron, Ohio, Amerika Serikat. Mereka adalah agregator musik yang fungsi utamanya sebagai fasilitator bagi musisi untuk mendistribusikan karya musiknya menuju ke berbagai layanan streaming musik digital.

SongCast memberikan 100% royalti yang didapatkan dari hasil penjualan musik kepada setiap musisinya dan mereka juga menawarkan beberapa fitur sebagai pendukung dalam proses promosinya. Pemutaran musik melalui radio streaming adalah salah satu fitur andalannya yang sampai saat ini tidak dimiliki oleh para rivalnya.

Dari segi reputasi, Trustpilot memberikan nilai 4.7 / 5 (Excellent), 83% pengguna SongCast menyatakan kepuasan mereka dan hanya 1% yang menyatakan kecewa. Jika kalian tidak tau apa itu Trustpilot, silahkan dicari tau di mesin pencarian.

Fitur utama SongCast

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by Darwis Alwan from Pixabay

Jalur distribusi musik

SongCast menyediakan jalur distribusi menuju belasan toko musik digital, jumlah tersebut tidak sebanyak yang disediakan oleh beberapa kompetitornya, namun seperti yang sering kami sampaikan selama toko utama sudah termasuk di dalam daftarnya itu sudah sangat mencukupi dan lebih mudah untuk proses promosi serta pengawasannya.

Saat ini platform yang ada dalam daftarnya adalah iTunes, Pandora, Spotify, Apple Music, YouTube Music, Facebook, Instagram, SoundCloud, Tidal, Amazon Music, Napster dan MediaNet. Rata-rata semua platform tersebut adalah platform dengan jumlah pengguna paling besar, jadi bisa dikatakan kebutuhan dasar dalam suatu distribusi musik digital sudah terpenuhi.

Platform yang sederhana dan interaktif

SongCast juga salah satu agregator musik yang menyajikan antarmuka yang ramah pengguna, semua menu fitur-fiturnya mudah untuk dimengerti dan dioperasikan. Dashboard penggunanya juga ditampilkan dengan visual yang yang menarik dan interaktif, sehingga biarpun secara fungsi sama dengan dashboard para rivalnya namun yang disuguhkan SongCast terasa lebih nyaman saat digunakan.

Streaming radio indie

Fasilitas ini adalah salah satu fitur andalan yang dimiliki SongCast, dengan menggunakan layanan tersebut jangkauan musik yang didistribusikan akan menjadi lebih luas. Fitur ini adalah layanan tambahan yang berbayar, jadi ada baiknya kalian melakukan survei sebelum menggunakannya.

Bagi musisi dari Indonesia terutama pendatang baru yang lirik lagunya menggunakan bahasa Indonesia, menurut kami fitur ini kurang efektif untuk digunakan. Kenapa?, karena saat ini sebanyak 21 radio streaming yang ada dalam daftar mereka, semuanya adalah radio streaming yang ada dan lebih populer di luar negeri serta kebanyakan berpusat di Amerika Serikat.

Royalti 100%

100% penghasilan yang didapatkan dari hasil penjualan musik akan diberikan ke setiap musisinya. Setiap bulan per tanggal 20 SongCast secara otomatis akan mengirimkan royalti langsung menuju akun PayPal yang sudah didaftarkan. Sampai saat ini sistem pembayaran otomatis seperti yang dihadirkan SongCast masih tidak ada dalam layanan agregator musik lainnya.

‘Facebook Music Page’

Pastinya setiap musisi sekarang juga memiliki Facebook sebagai salah satu media sosial mereka dan saat menggunakan SongCast, kalian akan ditawari untuk dibuatkan satu halaman Facebook khusus untuk keperluan promosi. Namun, menurut kami jika kalian sudah memiliki halaman Facebook musik sendiri, fasilitas ini tidak perlu digunakan karana fungsi utamanya sama.

Layanan konsumen

Semua layanan yang mereka tawarkan dan cara kerjanya sudah disediakan penjelasannya dalam fitur FAQs di halaman resminya. Tetapi, jika masih ada yang ingin kalian tanyakan atau ada masalah saat menggunakannya kalian bisa menyampaikannya melalui ‘Support Center’. Rata-rata pihak SongCast akan menanggapinya dalam kurun waktu 24 jam dan saat ini belum disediakan jalur portal lainnya untuk sarana komunikasi selain melalui support center dan email.

Cara kerja SongCast

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by StockSnap from Pixabay

Platform SongCast adalah salah satu yang paling mudah untuk digunakan, pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat akun dan setelahnya kalian memilih jenis dan membayar biaya keanggotaan. Langkah selanjutnya kalian sudah bisa mengunggah musik untuk didistribusikan, untuk spesifikasi unggahan bisa dibaca di situs SongCast.

Musik yang diunggah akan muncul di berbagai platform dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu, SongCast tidak menyediakan fitur untuk penentuan jadwal perilisan jadi kapan waktu musik kalian tersedia semua tergantung dari toko musik digital masing-masing.

Saat musik sudah terdistribusikan semua informasi aktivitasnya bisa dipantau melalui dashboard penggunanya. Laporannya disajikan secara harian dan menginformasikan berbagai hal, sedangkan laporan pendapatannya akan diinformasikan sebulan sekali.

Untuk kemudahan proses pembayaran royalti kalian wajib memiliki akun PayPal dan itu adalah satu-satunya sarana pembayaran yang disediakan SongCast. Secara otomatis setiap bulannya pendapatan yang dihasilkan akan ditransfer ke akun PayPal yang sudah ditautkan.

Yang diharapkan dari SongCast?

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by Werner Gmunder from Pixabay

SongCast adalah salah satu agregator musik dengan reputasi terbaik, hal itu menjadi jaminan bagi musisi untuk menggunakannya tanpa takut akan ditemukan banyak kendala saat prosesnya sudah berjalan. Kemudahan penggunaan platformnya juga merupakan faktor yang penting dalam suatu distribusi digital, terutama bagi musisi independen yang masih baru dan kurang memahami hal-hal mengenai distribusi musik secara digital.

Pilihan paket dan harga

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by Anna Zielinska from Pixabay

SongCast menerapkan model langganan per bulan dan juga memasang tarif untuk setiap musik yang didistribusikan. Saat ini terdapat 3 pilihan paket yang disediakan, yaitu:

Standard Plan

  • Royalti 100%
  • Biaya keanggotaan bulan pertama 1,99 dollar
  • Biaya keanggotaan bulan kedua dan selanjutnya 5,99 dollar
  • Tarif untuk single 9,99 dollar (gratis untuk distribusi pertama)
  • Tarif untuk album 19,99 dollar (gratis untuk distribusi pertama)
  • Distribusi menuju semua daftar platform kecuali Pandora
  • Tidak tersedia data laporan analitik dan statistik dari Spotify, iTunes dan Apple Music
  • Tidak tersedia fasilitas distribusi menuju radio streaming

Premium Plan

  • Royalti 100%
  • Biaya keanggotaan bulan pertama 2,99 dollar
  • Biaya keanggotaan bulan kedua dan selanjutnya 9,99 dollar
  • Tarif untuk single 9,99 dollar (gratis untuk distribusi pertama)
  • Tarif untuk album 19,99 dollar (gratis untuk distribusi pertama)
  • Distribusi menuju semua daftar platform
  • Tidak tersedia data laporan analitik dan statistik dari Spotify dan Apple Music
  • Tidak tersedia fasilitas distribusi menuju radio streaming

Ultimate Plan

  • Royalti 100%
  • Biaya keanggotaan bulan pertama 3,99 dollar
  • Biaya keanggotaan bulan kedua dan selanjutaya 17,99 dollar
  • Tarif untuk single 9,99 dollar (gratis untuk distribusi pertama)
  • Tarif untuk album 19,99 dollar (gratis untuk distribusi pertama)
  • Distribusi menuju semua daftar platform
  • Tersedia data laporan analitik dan statistik dari semua platform distribusi
  • Tersedia fasilitas distribusi menuju radio streaming

Distribusi menuju radio streaming adalah layanan tambahan yang berbayar, tarifnya 2,99 dollar per track setiap bulannya. Beberapa platform radio streaming yang ada dalam daftarnya antara lain iTunes Radio, Shoutcast, Tunein dan SongCast Radio.

Kelebihan SongCast

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by Herb1979 from Pixabay
  • Memberikan 100% royalti hasil penjualan.
  • Menyediakan jalur distribusi menuju radio streaming.
  • Menjadi salah satu agregator musik paling bereputasi baik.
  • Platformnya sangat mudah untuk dioperasikan.
  • Kemudahan proses penarikan pendapatan dan sistemnya berjalan secara otomatis.
  • Bisa mendistribusikan lagu cover, walaupun tidak dapat menerbitkan lisensinya.
  • Dalam satu akun pengguna mendukung untuk digunakan banyak nama artis.
  • Layanan konsumen yang responsif, walaupun sarana komunikasinya hanya tersedia via email.

Kekurangan SongCast

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by Tommy Hammarsten from Pixabay
  • Tidak tersedia fitur penentuan jadwal perilisan.
  • Tidak tersedia fasilitas penerbitan.
  • Laporan data analitik dan statistik yang terperinci dan komplit hanya tersedia bagi pengguna paket tertinggi.
  • Tidak memiliki forum resmi bagi para penggunanya.
  • Tidak bisa mendistribusikan video.
  • Layanan tambahan yang ditawarkan sangat sedikit dan kurang efektif.

Kesimpulan

SongCast Apakah benar Agregator Musik yang bereputasi baik
Image by Michael Bolli from Pixabay

Reputasi baik yang dimiliki suatu agregator musik bukanlah jaminan pasti akan suksesnya karya musik yang didistribusikan, namun dengan hal tersebut musisi atau artis yang akan menggunakannya menjadi merasa lebih yakin dan percaya dengan kinerja agregatornya.

Faktor kesuksesan dalam distribusi musik secara digital akan dipengaruhi berbagai hal, yang paling utama adalah dari kualitas musiknya dan cara promosinya. Apalagi saat ini persaingan yang terjadi sangat berat, terutama bagi pendatang baru.

Membangun karakter dan kualitas yang bagus adalah hal mendasar yang harus dimiliki setiap musisi, setelah kedua hal itu terpenuhi proses selanjutnya menjadi lebih mudah untuk dikerjakan, walaupun proses-proses selanjutnya juga masih sangat panjang.

SongCast sebagai agregator musik tentunya sangat mampu untuk memenuhi kebutuhan dalam distribusi musik digital, kurang atau cukupnya fasilitas yang mereka berikan setiap penggunanya akan memberikan penilaian yang berbeda. Hal itu karena setiap musisi memiliki kebutuhan dan berbagai rencana yang berbeda-beda mengenai apa yang akan mereka lakukan terhadap karya musiknya.

Mungkin beberapa dari kalian kurang menyukai dengan paket dan harga distribusi yang ditawarkan oleh SongCast, atau mungkin kalian sedang mencari agregator dengan paket distribusi gratis?. Jika iya, kalian bisa mempertimbangkan Soundrop untuk digunakan. Ulasan tentang Soundrop bisa kalian baca di tautan artikel berikut SOUNDROP, Agregator Musik dengan Paket Distribusi Murah dan Gratis.