in

“UnitedMasters” Agregator Musik Dalam Kantong Saku

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

Salah satu masalah utama yang sering dihadapi musisi selama ini adalah tentang distribusi dan promosi. Satu atau dua dekade yang lalu tugas itu umumnya akan dipercayakan kepada label yang menaungi artis, namun kondisi sekarang sudah jauh berbeda.

Pertama, label saat ini akan menyeleksi dengan sangat ketat bagi setiap musisi yang ingin bergabung kedalamnya, hal itu karena populasi musisi yang semakin banyak dengan kualitas yang berbeda. Kedua, musisi saat ini mampu melakukan tugas label secara mandiri, karena sudah banyak fasilitas yang mendukung untuk aktivitas tersebut.

Sekarang di zaman yang sudah serba digital, distribusi dan promosi karya musik juga mengarah demikian. Media sosial menjadi fasilitas paling terjangkau untuk digunakan, namum ada beberapa hal yang tidak bisa dijangkaunya. Distribusi musik menuju layanan streaming digital hanya bisa dilakukan oleh agregator dan kebanyakan label saat ini juga merangkap fungsi tersebut.

Biarpun label bisa melakukan hal itu, kebanyakan mereka sebenarnya juga bekerja sama dengan agregator dalam prosesnya. Diantara banyaknya pilihan penyedia jasa distribusi lagu menuju toko musik digital, UnitedMasters adalah salah satunya. Apa saja yang ditawarkan oleh mereka?, artikel berikut akan membahas banyak hal tentang UnitedMasters.

Apa itu UnitedMasters?

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

UnitedMasters adalah agregator musik dari Amerika Serikat yang didirikan oleh Steve Stoute, seorang pengusaha dan penulis pada November 2017. Selain untuk distribusi banyak layanan lain dari UnitedMasters yang ditawarkan kepada artis dalam pengembangan karirnya. Salah satunya dengan menyediakan acara atau panggung bagi musisi untuk tampil mempertontonkan karyanya.

Paltform ini terdiri dari banyak tim didalamnya, ahli marketing, audio engineers, musisi, penulis artikel, serta berbagai tim lain sebagai penunjang aktivitas promosi. Selain itu UnitedMasters juga bekerja sama dengan banyak konten kreator yang sudah sangat ahli dalam berbagai platform atau media seperti, Facebook, YouTube, Complex, Pandora, VICE, SoundCloud dan Dropbox.

UnitedMasters adalah satu-satunya agregator yang bekerja sama dengan NBA, jadi jika kalian menggunakannya peluang untuk musik kalian digunakan sebagai soundtrack disalah satu program acara NBA juga sangat terbuka. AT&T, NFL, Bose Corporation, Cash App, Twitch, ESPN juga menjalin kerja sama dengan UnitedMasters. Saat ini mereka mengklaim sudah mewadahi sekitar satu juta artis dan salah satu artis kelas dunia adalah rapper NLE Choppa.

Fitur Utama UnitedMasters

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

1. Distribusi musik

Fungsi utamanya pasti untuk mendistribusikan musik menuju keberbagai layanan streaming musik, sekitar 35 platform yang bisa dijangkau saat ini oleh UnitedMasters. Selain itu distribusi menuju platform video games serta platform sport channel juga disertakan didalamnya. Jumlah tersebut tentunya sudah sangat mencukupi dan akan mempermudah dalam proses pengawasannya. Hak atas kepemilikan musik yang didistribusikan juga tetap menjadi milik setiap musisi yang mengunggahnya, yang perlu sangat diperhatikan adalah saat proses pengisian metadata, karena dari data itulah yang menjadi dasar kerja perhitungan penghasilan yang akan didapatkan.

2. Aplikasi UnitedMasters

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

“A RECORD LABEL IN YOUR POCKET” adalah tagline dari UnitedMasters, kenapa? karena mereka menghadirkan aplikasi bagi setiap penggunanya untuk kemudahan operasional. Jika agregator lain kebanyakan untuk aksesnya menggunakan web browser, dengan penggunaan aplikasi tentu menjadi lebih praktis dan dari kecepatan kerja juga bisa diandalkan.

Aplikasinya tersedia bagi pengguna iOS dan Android, serta tidak membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi. Segala hal tentang jangkauan penyebaran dan penghasilan yang didapatkan semua sudah tersedia didalam fiturnya. Selain itu dengan penggunaan aplikasi juga memungkinkan untuk mengunggah musik serta cover artwork yang diperlukan langsung dari Dropbox, iCloud, bahkan dari layanan aplikasi pengiriman pesan.

3. ‘MasterLinks’

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

Ini adalah salah satu fitur yang sangat menguntungkan, secara fungsi mirip dengan layanan yang ditawarkan oleh Linktree, ContactInBio, atau layanan sejenisnya. Saat ini memang belum tersedia untuk semua platform yang tercakup oleh UnitedMasters, namun platform utama seperti Apple Music, Spotify, SoundCloud, Tidal, YouTube Music dan Amazon Music sudah masuk didalamnya. Dengan MasterLinks musisi dapat dengan mudah untuk menyebarkannya tautan musiknya ke para penggemarnya tanpa harus membagikan satu per satu. Didalamnya juga disajikan informasi dari hasil interaksi yang didapatkan setiap tautan platform yang tercantum.

4. Analitik

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

Selain fitur MasterLinks, fitur analitik dalam dashboardnya akan menyajikan hasil laporan trafik setiap musik yang diunggah dengan lebih terperinci. Fitur ini bukanlah hal yang istimewa, karena setiap agregator juga meyediakannya. Biasanya hanya soal akurasi saja yang membedakan dan tingkat keakuratan UnitedMasters lebih baik daripada beberapa pesaingnya.

Selain itu karena penggunaan aplikasi tentu proses pemantauannya jadi lebih cepat dan mudah. Dengan penyajian analitik yang lebih detail bisa digunakan sebagai dasar untuk aktivitas promosi berikutnya, tujuannya tentu untuk menjangkau audiens yang lebih besar serta mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

5. Integrasi media sosial

Fitur ini juga sudah sering kali dihadirkan oleh banyak agregator, fungsi utamanya untuk mempermudah interaksi dengan penggemar melalui media sosial. Integrasi media sosial sangatlah penting terutama bagi musisi pendatang baru. Dengan sistem integrasi yang baik, semua menjadi lebih relevan saat proses promosi karena semua identitas yang terkait dengan musisi atau artis akan dengan mudah disampaikan ke audiens.

6. Gratis website artis

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

Fitur ini sangat spesial, memiliki website sendiri tentu jadi salah satu hal yang diinginkan musisi. Secara fungsi memang bisa digantikan media sosial, tetapi website pasti memiliki nilai lebih terutama untuk pencitraan. UnitedMasters memberikan fasilitas tersebut secara gratis bagi setiap penggunanya, biarpun hanya dalam bentuk website sederhana (landing page).

Didalamnya musisi bisa mengisinya dengan biografi singkat, menjual rilisan fisik serta merchandise, mengunggah video, menginformasikan jadwal konser, menautkan media sosial, komunikasi dengan penggemar dan berbagai hal lainnya. Dengan website segala bentuk interaksi menjadi lebih efektif karena bisa diatur dalam satu media.

7. Laporan penghasilan

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

Semua agregator pasti memberikan laporan penghasilan, tetapi UnitedMasters melaporkannya secara terperinci dan ‘real time’. Musisi bisa mengetahui dari mana asal setiap nominal yang didapatkannya, hal itu juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan analisa dalam perencanaan promosi berikutnya. Untuk penarikan pendapatan juga bisa langsung dari dalamnya dan saat ini untuk proses penarikan hanya bisa melalui PayPal. Minimal nominal pendapatan yang bisa ditarik harus sudah terkumpul 50 dollar dan bisa diproses sekali setiap bulannya.

8. Layanan konsumen

UnitedMasters menggunakan banyak fasilitas dalam pelayanan komunikasi dengan konsumen, namun kami rekomendasikan melalui email terutama untuk pertanyaan atau keluhan seputar masalah teknis. Dari hasil pantauan kami media sosial mereka juga sangat aktif dan banyak memiliki pengikut yang sangat loyal. Jadi jika ada yang ditanyakan atau dikeluhkan melalui media sosial akan banyak pengguna lain yang memberikan masukan. Saat ini UnitedMasters belum memiliki forum secara resmi, namun jika penggunaan media sosial sudah sangat efektif tentu tak jadi masalah biarpun tidak ada forum khusus.

Bagaimana Cara Kerja UnitedMasters?

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

UnitedMasters memiliki antarmuka yang mengesankan dan ramah pengguna, selain itu dengan disediakan aplikasi semua prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat. Pertama kalian tentunya harus membuat akun dan memilih paket yang disediakan, setelah itu tinggal mengunggah musik untuk didistribusikan.

Dari hasil komunikasi kami deengan UnitedMasters mereka menginformasikan untuk platform utama seperti Spotify, Apple Music dan YouTube Music membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari, untuk platform lainnya sekitar 1 minggu. Tetapi, itu juga bukan jaminan yang pasti, karena adakalanya juga terjadi keterlambatan yang disebabkan berbagai hal. Untuk waktu perilisan yang ditentukan, mereka menyarankan proses mengunggah musiknya dilakukan minimal 3 minggu sebelum waktu yang ditetapkan.

Tarif UnitedMasters

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

Hanya ada 2 pilihan yang ditawarkan saat ini, gratis dan berbayar. Perbedaan yang sangat telak diantara keduanya ada di jumlah platform distribusinya.

Member (Anggota) tarifnya 59,99 dollar per tahun. Distribusinya menuju platform, Apple Music/iTunes, Pandora, Spotify, YouTube Music, YouTube Red, 24/7 Entertainment, 7Digital, Akazoo, Amazon Music, Anghami, Audible Magic, AWA, Deezer, Facebook, Instagram, Gracenote, iHeartRadio, iMusica, KKBox, LINE Music, Mixcloud, Nmusic Triple Play, Qobuz, Napster, Saavn, Shazam, Simfy Africa, SiriusXM, Slacker, SoundCloud, SoundExchange, Tencent, Tesla, TIDAL, TikTok, Ultimate China, serta Yandex. Artis mendapatkan 100% dari hasil royalti penjualan.

Aren’t member (Bukan anggota) tarifnya gratis. Distribusinya menuju platform, Apple Music/iTunes, Spotify, YouTube Music, dan SoundCloud. Artis mendapatkan 90% dari hasil royalti penjualan.

Apa pun paket yang kalian pilih, kalian bebas mendistribusikan musik sebanyak-banyaknya (single, EP, album). Namun, untuk anggota berbayar pastinya menjadi prioritas, hal itu bisa dilihat dari ulasan beberapa pengguna yang menyampaikan saat menggunakan paket gratis waktu distribusi yang diperlukan sedikit lebih lama.

Beberapa kelebihan UnitedMasters

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com
  • Menyediakan aplikasi yang secara fungsionalitas sangat efektif.
  • Antarmuka yang disajikan sangat mengesankan dan cukup mudah untuk dioperasikan.
  • Jalur distribusinya tidak banyak, tetapi mencakup semua platform utama dan itu lebih efisien.
  • Memberikan website gratis kepada pengguna dengan fitur yang terbilang komplit walaupun sederhana.
  • Layanan konsumen responsif dan memiliki banyak pengikut yang loyal dalam media sosialnya.
  • Memiliki beberapa rekanan bisnis terutama dibidang industri digital dan hiburan.
  • Fitur analitiknya sangat detail dan bekerja secara real time.

Beberapa kekurangan UnitedMasters

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com
  • Cara pemasaran yang diterapkan kurang komprehensif.
  • Pemotongan royalti sebesar 10% dari paket gratisnya dianggap terlalu memberatkan bagi beberapa musisi, terutama pendatang baru.

Kesimpulan

UnitedMasters Agregator Musik Dalam Kantong Saku
Image from unitedmasters(.)com

Sebagai agregator yang terhitung baru UnitedMasters terlihat sangat menjanjikan, apalagi beberapa fitur yang diberikannya sampai saat ini masih jarang dihadirkan oleh para rivalnya. Penggunaan aplikasi dan pemberian website gratis bagi artis menurut kami menjadi salah satu hal yang paling menguntungkan. Paket berbayarnya memang sedikit lebih mahal daripada beberapa pesaingnya, namun masih bisa ditolerir karena tidak ada batasan jumlah musik yang diunggah. Hal itu sangat menguntungkan terutama bagi musisi yang produktif merilis karya baru.

Paket gratisnya memang tidak terlalu menarik, pertama jangkauan distribusinya sangat terbatas, yang kedua terdapat potongan royalti sebesar 10%. Bagi pendatang baru tentunya membutuhkan banyak waktu dan banyak promosi untuk mendapatkan penghasilan, dengan jangkauan distribusi yang terbatas dan pomotongan royalti sepertinya tidak akan membuahkan hasil yang terlalu efektif bagi para pendatang baru, kecuali disertai dengan optimasi saat menggunakannya.

Secara keseluruhan UnitedMasters tetap layak digunakan sebagai penyedia fasilitas pendistribusian musik, terutama jika memang tidak tersedia anggaran untuk proses tersebut. Beberapa agregator lain juga bisa menjadi alternatif, karena juga ada yang menyediakan paket gratis dengan banyak jangkauan distribusi dan tanpa pemotongan royalti, FreshTunes misalnya. Ulasan tentang FreshTunes bisa kalian baca di tautan artikel berikut FreshTunes Distribusi Musik Gratis, Apa yang Didapatkan.