in

“Promolta” Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan?

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Image from promolta(.)com

Banyak alasan kenapa seseorang mengunggah video ke YouTube dan salah satu alasannya adalah untuk mendapatkan penghasilan. Monetisasi YouTube menjadi hal yang paling banyak dikejar supaya bisa mendapatkan penghasilan dari video yang diunggah kedalamnya. 2 syarat utamanya saat ini, memiliki minimal 1.000 subscriber dan sudah mendapatkan 4.000 jam tayang dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Selain 2 syarat tersebut masih ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi, namun kali ini kita tidak akan membahas hal tersebut. Untuk mendapatkan 4.000 jam penayangan tentu berhubungan dengan jumlah tontonan (views) dari setiap video yang diunggah dalam satu kanal (channel) YouTube. Bagi yang sudah memiliki banyak konten video dan sudah aktif lama serta memiliki banyak audiens tentu lebih mudah untuk mendapatkannya.

Bagaimana dengan yang baru membuat kanal dan memiliki sedikit video?, tentunya membutuhkan waktu lebih lama, tetapi juga tergantung dari seberapa menarik konten yang diunggah. Minimal target paling dekat yang harus dikejar adalah meningkatkan jumlah views dari setiap videonya. Caranya dengan mempromosikannya dan cara promosi yang bisa dikerjakan juga bermacam-macam.

Dari hasil promosi akan didapatkan views yang terbagi jadi 2 kategori yaitu view organik dan view non organik. Secara singkat artinya, organik adalah yang dihasilkan dari mesin pencarian dan ‘referral’ dan non organik adalah yang dihasilkan dari iklan atau menggunakan bantuan pihak ketiga. Contoh views organik adalah views yang didapat dari memposting tautan video di media sosial dan contoh views non organik adalah views yang didapat dari YouTube Ads.

YouTube Ads adalah fasilitas resmi dari YouTube untuk mempromosikan suatu video, namun juga banyak penyedia jasa promosi yang berasal dari pihak lain. Promolta adalah salah satunya dan ulasan kali ini akan membahas berbagai hal tentang Promolta dan apa saja yang ditawarkan oleh mereka.

Apa itu Promolta?

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Photo from iStockphoto

Promolta adalah layanan promosi online untuk meningkatkan trafik (engagement) dan rangking video YouTube, didirikan oleh Anjit Anand dan Vlad Kachur pada tahun 2013 di San Francisco, Amerika Serikat. Mereka memiliki sumber daya dan jaringan yang sangat luas mulai dari situs web, blog, aplikasi seluler, jejaring media sosial, portal berita bahkan platform game.

Dengan sumber daya tersebut Promolta akan menyebarkan setiap video dari konsumennya sesuai dengan target yang diinginkan. Secara otomatis trafik dan rangking dari video yang dipromosikan akan meningkat dan salah satunya adalah peningkatan jumlah views yang sangat terkait dengan jumlah jam penayangan. Berapa besar jumlah peningkatannya? tergantung dari anggaran promosi yang dikeluarkan.

Fitur Utama Promolta

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Photo from iStockphoto

Pemantauan ‘real-time’

Pastinya kalian tau tentang ‘YouTube Analytics’, Promolta juga memberikan akses kepada penggunanya dalam bentuk dashboard yang menyajikan informasi tentang trafik yang diperoleh videonya. Jumlah penayangan, dari mana asalnya dan kapan waktunya, informasinya memang tidak seterperinci YouTube analytics namun sudah mencukupi dan juga dilaporkan secara real time.

Penargetan audiens

Penentuan target dalam beriklan sangatlah penting tujuannya supaya tepat sasaran atau dilihat oleh karakter audiens yang sesuai. Rentang usia, ketertarikan atau hobi, dan masih banyak lagi yang bisa diatur didalamnya. Target yang tepat akan berdampak baik untuk jangka panjang walaupun kuantitinya lebih sedikit, daripada banyak namun tidak jelas siapa penontonnya.

Demo video

Jika kalian penasaran atau bertanya-tanya bagaimana tampilan video yang sedang dipromosikan dalam jaringan Promolta, dihalaman resminya sudah tersedia fitur untuk mencoba simulasinya. Ada 3 simulasi yang bisa dilihat hasilnya seperti apa, yaitu tampilan promosi di blog dan website, tampilan versi aplikasi atau mobile dan tampilan promosi melalui Facebook.

Layanan konsumen

Saat ini Promolta hanya melayani komunikasi dengan konsumen melalui email, apa pun yang kalian tanyakan atau ada masalah saat menggunakannya bisa kalian sampaikan. Mereka menyampaikan memiliki tim yang responsif untuk melayani konsumennya, rata-rata setiap pertanyaan dan pengaduan akan dijawab dan diselesaikan tidak lebih dari 48 jam.

Promolta blog

Fitur ini menyajikan berbagai informasi dalam bentuk artikel, Didalamnya tersedia berbagai informasi tentang optimasi suatu konten video dan apa saja hal-hal yang terkait serta perlu diketahui sebagai tambahan ilmu bagi para konten kreator. Bagi kalian yang tidak menggunakan Promolta juga bisa mengaksesnya, karena ini adalah fasilitas gratis dari mereka.

Bagaimana cara kerja Promolta

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Photo from iStockphoto

Pertama kalian wajib membuat akun, setelah itu tinggal memasukkan atau memasang tautan video YouTube kalian kedalam dashboardnya lalu memilih paket yang disediakan dan menentukan target audiens yang diinginkan. Secara otomatis Promolta akan menyebarkan video kalian kedalam jaringannya sesuai dengan pengaturan yang sudah ditetapkan. Dimana saja video disebarkan mamang tidak diinformasikan secara spesifik, mereka hanya menginformasikan penyebarannya menuju jaringan platform yang relevan dengan isi konten video kalian dengan ketentuan dari pengaturan target audiens.

Promolta berfokus kepada keterlibatan langsung dari audiens yang menonton video kalian, mereka hanya akan menghitung dari hasil penayangan yang benar-banar berasal dari audiens yang tertarik terhadap video yang dipromosikan. Contohnya, Promolta tidak akan menghitung hasil penayangan yang kurang dari 30 detik dan akan terus mengulanginya sampai jumlah views yang didapatkan sesuai dengan paket pilihan yang ditentukan. Jika pun yang dihasilkan ternyata melebihi target kalian juga tidak perlu membayarnya. Selama proses promosi semua aktivitas penyebarannya dan trafik yang dihasilkan bisa kalian pantau langsung melalui dashboardnya.

Pilihan paket dan harga

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Photo from iStockphoto

Promolta menyediakan pilihan paket promosi untuk mendapatkan subscribers, views atau comments dan likes. Saat ini ada 5 pilihan paket yang tersedia yaitu:

  • 500 subscribers / views / comments dan likes, tarifnya 10 dollar
  • 1000 subscribers / views / comments dan likes, tarifnya 20 dollar
  • 2500 subscribers / views / comments dan likes, tarifnya 50 dollar
  • 5000 subscribers / views / comments dan likes, tarifnya 100 dollar
  • 10000 subscribers / views / comments dan likes, tarifnya 200 dollar

Kecepatan kerjanya sampai selesai tergantung dari paket yang kalian pilih, untuk 500 sampai 2500 rata-rata bisa diselesaikan paling lama 1 minggu. Untuk 5000 sampai 10000 rata-rata bisa diselesaikan paling cepat 2 minggu dan paling lama bisa mencapai 1 bulan.

Hasil uji coba kami menggunakan Promolta

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Photo from iStockphoto

Kami memang berniat mencoba jasa yang ditawarkan Promolta dan satu hal pertama yang tidak kami sukai adalah tidak adanya tarif dan keterangan paket yang disediakan di situs mereka. Setelah membuat akun barulah harganya disampaikan dan kami order paket ‘views’ yang paling kecil. Setelah semua proses pembayaran serta pengaturan selesai kami cek informasi yang disajikan dalam dashboardnya masih kosong dan hal itu tentunya wajar.

4 hari kemudian beberapa informasi penyebaran mulai ditampilkan, dimana saja penyebarannya bisa dilihat dan itu sesuai dengan janji mereka. Video yang kami promosikan menggunakan judul serta berisikan konten berbahasa Indonesia dan hasil penyebaran yang sudah ditampilkan berada diberbagai blog dan Facebook (Group dan Page) yang 99% isi kontennya menggunakan bahasa Inggris. Hal itu masih kami maklumi, pertama karena mereka memang tidak pernah menawarkan target audiens berdasarkan bahasa atau negara, kedua Promolta bukanlah vendor yang berasal dari Indonesia.

Tepat 1 minggu semua prosesnya selesai dan views yang kami dapatkan melebihi dari jumlah seharusnya, namun kami juga belum tau akan berkurang atau tetap. Selanjutnya kami bandingkan laporan dari dashboard Promolta dengan YouTube analytics. Dari Promolta semua tempat penyebaran ditampilkan dengan jelas hanya memang tidak terperinci tentang audiens dan interaksinya. YouTube analytics sebaliknya menyajikan informasi mencakup berbagai hal dengan sangat terperinci.

Pada dasarnya Promolta bekerja dengan baik sesuai yang dijanjikan, hanya saja kami tetap tidak mengetahui apakah audiens yang berinteraksi adalah orang sungguhan atau aplikasi (bots). Selain itu penyebaran ke berbagai negara yang bisa dilihat melalui YouTube analytics tentu tidak efektif untuk video kami yang memang ditargetkan untuk dikonsumsi audiens dari Indonesia. Jadi menurut kami jika hanya untuk sekedar mengejar rangking dan meningkatkan trafik, Promolta sangat bisa diandalkan.

Beberapa kelebihan Promolta

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Photo from Shutterstock
  • Promolta memastikan keamanan informasi data pelanggan, menjaga data kartu kredit dan hal-hal kredensial lainnya adalah salah satu prioritas mereka.
  • Fitur blognya menyajikan banyak informasi berguna terutama bagi para konten kreator video, selain itu juga banyak membagikan tips dan trik yang bisa diterapkan sebagai penunjang kegiatan promosi.
  • Layanan konsumennya sangat responsif, walaupun saat ini hanya bisa melalui email namun sudah bisa bekerja dengan baik.
  • Tersedia fitur simulasi, hal ini sangat berguna terutama bagi konsumen yang ingin mengetahui seperti apa proses tampilan video yang sedang dipromosikan.

Beberapa kekurangan Promolta

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Photo from Shutterstock
  • Pilihan paket dan harga yang ditawarkan tidak dipublikasikan langsung dihalaman resminya, wajib membuat akun terlebih dahulu untuk mengetahuinya.
  • Walaupun mereka menjamin keamanan data pelanggan, tetapi tidak ada notifikasi fasilitas pembayaran terverifikasi yang dikirimkan.
  • Ulasan tentang promolta masih sangat sedikit meskipun platformnya sudah cukup lama hadir, hal ini terkadang menimbulkan keraguan calon pelanggan.
  • Fitur analitik yang disajikan tidak terperinci, sehingga sulit dipastikan dari mana sumber audiens sebenarnya.

Kesimpulan

Promolta Jasa Boosting video YouTube, apakah layak digunakan
Image from promolta(.)com

Promolta secara kinerja sangat bisa diandalkan terutama jika yang kalian kejar adalah trafik dan rangking, selain itu dari segi harga juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan menggunakan YouTube ads. Kelemahannya yang cukup vital menurut kami adalah tidak disediakannya target audiens berdasarkan negara, untuk hal itu lebih baik menggunakan vendor lokal yang kebanyakan memang menawarkan penergetan audiens lokal pula. Namun, untuk pemilihan vendor lokal harus dilakukan dengan sangat selektif karena sepengetahuan kami tidak sedikit vendor lokal yang kualitasnya jelek terutama yang menawarkan harga dengan sangat murah.

Penggunaan jasa boosting video YouTube saat ini adalah hal yang lumrah digunakan oleh para konten kreator video atau siapa pun yang ingin sukses di YouTube, tetapi jika salah memilih vendor tentunya juga beresiko. Penghapusan hasil trafik adalah resiko terkecil dan yang paling fatal adalah terbanednya kanal YouTube kalian dalam kurun waktu tertentu atau hukuman dalam bentuk pembatasan akses terhadap sejumlah fitur. Hal itu biasanya terjadi karena trafik yang dihasilkan terindikasi ‘spam’ oleh pihak Google.

Apa beresiko sampai terjadi penghapusan video atau ‘banned permanent’? tidak, selama isi konten videonya tidak melanggar kebijakan dari YouTube. Pihak YouTube sebenarnya memang melarang penggunaan jasa atau fasilitas boosting, tetapi menurut kami juga aneh karena mereka menyediakan fasilitas untuk hal tersebut (YouTube ads). Menurut kami saat menggunakan jasa atau fasilitas boosting dari pihak lain, selama vendornya berkualitas dan profesional serta tidak berlebihan saat menggunakannya pastinya akan aman.

Saran kami, sebelum menggunakan jasa boosting lakukan promosi secara normal untuk mendapatkan trafik organik terlebih dahulu. Serta pastikan kanal YouTube kalian sudah cukup berumur minimal 30 hari atau lebih lama akan semakin baik dan usahakan sudah terunggah beberapa video didalamnya. Bagaimana? apa kalian yang bermain YouTube saat ini akan mengejar trafik yang benar-benar organik? atau mau memanfaatkan jasa boosting video YouTube? seperti yang ditawarkan Promolta.