in

Yurigarins “Andromeda” Sebuah Kontemplasi Tak Terencana

Music Yurigarins Artwork EP Andromeda
Yurigarins - Andromeda (Artwork)

Sebuah hal menarik saat pengalaman yang kurang berkenan justru dibungkus dengan musik yang lebih menyentuh perasaan. Istirahatnya Yurigarins diisi dengan pematangan konsep untuk melahirkan karya-karya yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, Yurigarins seakan lahir kembali dengan wajah baru, setelah Jiwangga, yang memegang posisi drummer bergabung. Kini, band yang mendalur nama dari seorang kosmonot asal Rusia, Yuri Gagarin, siap meramaikan industri musik dengan 4 personel tetap. Askarialim (Vokal) Rizky Andrew (Bass), Fauzi Zalmi (Gitar) dan Jiwangga (Drum).

Sebagai informasi, nama Yurigarins terinspirasi dari Yuri Gagarin. Manusia pertama yang terbang selama 108 menit di luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Dan setelah diskusi panjang, tercetuslah nama Yuri Gagarin untuk nama band. Yuri Gagarin kemudian dipersingkat menjadi Yurigarin dan ditambah S sebagai bentuk kemajemukan. Terbitlah nama Yurigarins.

Setelah bermusik selama 4 Tahun dan sempat vakum beberapa saat, Yurigarins akhirnya merilis EP yang diberi judul “Andromeda”. Andromeda sendiri merupakan Galaksi besar yang berdekatan dengan Bima Sakti. Galaksi ini berukuran raksasa dan memiliki sekitar tiga kali lebih banyak bintang daripada Bima Sakti. Andromeda dapat dengan mudah dilihat dengan mata telanjang dari Bumi dan ditemukan di rasi Andromeda, dari mana namanya berasal. Jauh dari sekadar pemandangan indah di langit, Galaksi Andromeda adalah bidang kosmos yang mengesankan dan bergejolak.

EP yang dikerjakan dalam kurun waktu lima bulan ini berisikan 5 Track dan menghadirkan lirik-lirik yang semakin matang sekaligus notasi yang membuat pendengar nostalgia dengan era 2000-an. Diberi judul “Andromeda” karena EP ini merupakan representasi pengenalan mendalam kepada diri sendiri. Sejauh yang kita tahu, manusia memiliki kecerdasan untuk merenungi alam semesta dan ternyata dengan merenungi alam semesta, sebenarnya kita sedang merenungi diri sendiri, mempertanyakan asal-usul dan hakikat diri. Banyak orang yang merasa bahwa diri mereka kecil namun tanpa disadari bahwasannya di dalam diri mereka mengandung unsur partikel alam semesta.

Music Yurigarins Band EP Andromeda
Photo from Press Kit

Ruminate, menjadi track pertama di EP ini yang telah dirilis duluan sebagai Single bersamaan dengan Video Musiknya. Track kedua berjudul Terbukti Terjadi secara singkat lagu ini menjelaskan bagaimana pandangan seseorang menyikapi sikap orang lain yang terlalu mudah menghakimi. Berikutnya, di track ketiga berjudul Para Pemimpi yang bercerita tentang sesuatu yang harus diperjuangkan walaupun apa yang ada di dalam pikiran masih terselimuti ego dan ambisi. Vertikal menjadi track ke empat dan pernah dirilis secara demo di tahun 2019. Lagu ini menggambarkan tentang sebuah langkah menuju ke “atas” yang memiliki tafsir tentang perjalanan spiritual. Sebagai penutup track terakhir berjudul Moon in The Morning, adalah ketika memandang benar dan salah yang ternyata tidak mutlak dan menghadirkan pemakluman hal yang tidak semestinya.

Untuk proses produksi di dalam EP ini, semua track musik direkam, dimix dan dimaster oleh Fauzi Zalmi selaku Produser Eksekutif di Yurigarins Records, dan untuk Vokal sendiri direkam di ra.ha.sia. Selain itu, di penciptaan lirik di bantu oleh Rizaldy Dolly dalam lagu Moon In The Morning.

Andromeda sudah bisa dinikmati diberbagai digital streaming platform pada Hari Minggu, 20 Maret 2022. Mudah-mudahan dengan dirilisnya Andromeda ini bisa menjadi self-reminder bagi Yurigarins sendiri dan juga para pendengar musik mereka. Dengan cerita yang kompleks dan relatable, pilihan tepat jika para pendengar mulai memasukkan lagu-lagu Yurigarins atau EP Andromeda dalam playlist yang menemani sehari-hari.