in

Kartala “Unfinished Architecture” Mini Album Pertama

Music Kartala Artwork EP Unfinished Architecture
Kartala - Unfinished Architecture (Artwork)

Kartala melepas mini album pertama mereka bertajuk “Unfinished Architecture”. Pada tahun 2021 kartala sudah merilis demo lagu berjudul “Sangkakala”, yang merupakan bagian dari mini album ini. Kartala melepas mini album ini setelah proses penggarapan 2 minggu. Proses mulai dari rekaman, mixing, mastering, dan pembuatan artwork mini album ini dilakukan secara mandiri oleh para personil kartala. Mini album ini direkam di Rockness Music Batu Bulan, Gianyar.

Mini album ini menggambarkan bagaimana Kartala membuat musik-musik yang dipenuhi dengan banyak pengaruh genre musik seperti metal, rock, blues serta beberapa genre Lainya. Pemilihan nama “Unfinished Architecture” bukan tanpa alasan. Nama ini diambil berdasarkan bagaimana mini album terbentuk yang masih kami anggap sebagai “sebuah permulaan” dan “sesuatu hal yang belum selesai” ungkap mereka.

Disampaikan dalam press releasenya; pada album ini, para personil masih mencari karakter band itu sendiri dan para personil Kartala bereksperimen dengan alat-alat maupun dalam proses mixing dan mastering, dikarenakan kami belum pernah melakukan rekaman maupun mixing dan mastering. Kami melakukan apa yang kami bisa lakukan saat ini, merekam apa yang sudah direkam dan membiarkannya seperti aslinya tanpa mixing yang terlalu berat, hanya balancing dan penambahan reverb tidak adanya perubahan pitch dan lainnya, itulah kenapa kami menyebutnya “Unfinished Architecture”.

Music Kartala Band EP Unfinished Architecture
Photo from Press Kit

Terdapat 4 lagu pada “Unfinished Architecture”. Pada track pertama berjudul “Time Stone” dilanjutakan dengan “Intitan (The Wall Is Fall)”, “Sangkakala”, dan track terakhir “One Day”. Unfinished Architecture sudah bisa didengarkan diseluruh digital platform music.

Tentang Kartala; Kartala Resmi Dibentuk pada tanggal 08 Oktober 2020 di Denpasar. Band ini Beranggotakan 3 orang; Adi Palguna (Guitar, Vocal), Andika Pratama (Drummer), Yusa Widyananda (Bass).

Nama band “Kartala” diambil dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti “seberkas sinar/penerangan”, dengan harapan lagu lagu yang dibuat menjadi sinar penerangan kehidupan dan diperdengarkan dalam segala kondisi seperti bersenang–senang, sedih, piknik ,terbang, bernafas, berdoa, dll. Kartala mengusung aliran berbasis pada genre rock.