in

Colderra “Abandoned Heart” Ingatan, Penyesalan dan Kepedihan

Colderra Artwork Single Abandoned Heart
Colderra - Abandoned Heart (Artwork)

“Abandoned Heart” adalah salah satu track lagu di dalam album “Quantum Imagination”, yaitu album perdana unit power metal asal Malang Colderra. Ini adalah lagu terakhir dari 3 lagu yang diunggah secara bergiliran sebelum perilisan single teranyar mereka yang merupakan materi dari album ke-2, yang saat ini sedang dalam pengerjaan.

2 lagu sebelumnya, “Love” dan “Superhero” sudah diunggah terlebih dahulu di kanal YouTube Colderra, kali ini “Abandoned Heart” juga di format dalam unggahan sebuah video lirik. Ini juga merupakan lagu terpelan dalam album tersebut, bisa dikatakan lagu paling ballad karena hanya dibalut dengan suara instrumen piano dan vokal.

“Lagu ini, lagu ballad favorit saya di album pertama, dulu bikinnya paling lama jika dibandingkan dengan lagu-lagu pelan yang lain.”, terang Iwan. “Selain nulis liriknya yang lama bikin instrumennya juga hampir semingguan karena susah nemukan suara modul piano yang paling pas, maklum kita ngerekamnya pakai midi.”, imbuhnya.

Lirik “Abandoned Heart” menceritakan tentang rasa sakit karena penyesalan yang teramat dalam, hal itu dikarenakan ditinggalkan oleh pasangan yang dulu semasa menjalin hubungan sering kali disakiti secara mental. Kini semuanya hanya tinggal kenangan dan hanya bisa diratapi tanpa ada harapan untuk memulai kembali, ingatan akan hal itu dan penyesalan disaat ini akhirnya hanya menghadirkan kepedihan di dalam hati.

“Waktu itu Bhaskara bikin aransemen awalnya mamang cuman pakai keyboard dan nadanya pilu banget, saat saya dengarkan saya pun bilang kalau liriknya harus yang sedih, cuman saya itu gak biasa nulis lirik-lirik yang sedih jadi kerepotan sendiri akhirnya.”, ungkap Iwan.

Colderra Band Single Abandoned Heart
Photo by Colderra

Menurut mereka, lagu ini sebenarnya adalah salah satu materi yang paling awal dibuat dan bahkan ada versi demonya yang direkam secara live di Wildcat Studio, sayangnya karena ada kerusakan di drive tempat penyimpanannya, versi demonya jadi tidak terselamatkan. “File versi demonya dulu cuman disimpan di dalam flashdisk, karena nyimpennya sembrono jadi rusak.”, ungkap mereka.

Dalam video liriknya disajikan adegan hanya dengan satu sudut pandang tanpa banyak perubahan, hanya ada seorang pria yang sedang duduk disudut ruangan yang nampaknya dia sedang meratapi sesuatu dengan teramat dalam. “Materi videonya seperti biasa dapat dari Pexels dan kebetulan menurut saya kok pas banget sama liriknya, jadi ya itu saja yang saya unduh terus diedit warnanya dan di pas-paskan sama beat lagunya.”, jelas Iwan.

Dalam lagu ini personel Colderra masih beranggotakan Iwan Ruby (Vokal), Bhaskara Pamungkas (Bass & Keyboard), Romy Hopkins (Gitar). “Sepertinya pemberitaan ini adalah unggahan yang terakhir kali dalam formasi personel ini, karena di materi lagu buat album ke-2 saya mengerjakannya dengan bantuan beberapa rekan yang lain dari Vamos Studio.”, terang Iwan.

Dengan diunggahnya lagu “Abandoned Heart” berarti juga menandakan bahwa dalam waktu dekat single terbaru mereka akan segera dirilis. Saat dikonfirmasi apakah single terbarunya akan menyajikan tempo yang cepat yang jadi ciri khas lagu-lagu band power metal, Iwan menjawab single terbarunya yang akan dirilis terlebih dahulu masih dalam tempo standar namun dalam kemasan yang jauh lebih ‘catchy’.

Colderra – Abandoned Heart
Music by Bhaskara Pamungkas
Lyrics by Iwan Ruby

Hai My Love Every Time I Remember You
Say Hallo For Your Shadow In My Mind
Talk To Me I Miss Your Voice In My Ears
Every Night My Heart Is Cry
A Cold Tears Always In My Eyes
No More A Dream For Love
Leave Me With Empty Road And So Faraway
Give Me All Your Smile For This Night
Take Me To Your Dreamland And Give Me Your Care
Give Me All Your Kiss For This Night
Take My Hand Don’t Let Me Alone Without Friend Tonight
Where I Go To Find You When My Eyes Can’t See Anything
Everything Is Over.. Forever
No More A Dream For Love
Leave Me With Empty Road And So Faraway
Give Me All Your Smile For This Night
Take Me To Your Dreamland And Give Me Your Care
Give Me All Your Kiss For This Night
Take My Hand Don’t Let Me Alone Without Friend Tonight
Abandoned Heart