in

Dani Aditya “Laraku” Single Kedua Bersama Istri

Music Dani Aditya Artwork Single Laraku
Dani Aditya - Laraku (Artwork)

Dani Aditya dengan semua keterbatasannya bukan menjadi halangan untuk terus menembus batas dan melahirkan karya-karya brilian. Sosok komika kelahiran 17 November 1991 itu dikenal sebagai stand-up comedian difabel pertama di Indonesia dan berada di bawah naungan manajemen Majelis Lucu Indonesia. Pandemi yang membuatnya terkurung di rumah kemudian melecutnya melahirkan sebuah karya dengan format baru yang luar biasa.

Kondisi Dani sebagai penderita Cerebral Palsy yang menjadikan kemampuan penuturan verbalnya terganggu, justru membuat dia lebih percaya diri untuk menelurkan single rap berjudul ‘Laraku’ bersama istrinya, Dian Desty Wijaya. Lagu ini juga menjadi soundtrack dari film pendek berjudul ‘Kila’ yang disutradarai dan diproduseri langsung oleh Dani Aditya sendiri.

Semua itu merupakan pembuktian bahwa walaupun menjadi seorang disabilitas yang berbicara dan berjalan saja susah, ia bisa melakukan apa saja. Dari menyanyikan lagu rap yang membutuhkan kejelasan pelafalan verbal dan suaranya, menjadi stand-up comedian difabel pertama di Indonesia, motivator, hingga sutradara serta produser film.

Dani Aditya selalu ingin melawan stigma bahwa seorang disabilitas hanya bisa dikasihani. Motivasinya untuk berkarya dengan keterbatasan membuat banyak orang terdekatnya terkejut dan pastinya mendukung penuh percobaan barunya di ranah musik Hip Hop dan film ini.

Single ‘Laraku’ merupakan original soundtrack film pendek berjudul ‘Kila’ yang diproduseri dan disutradarai sendiri. Lagu ini bercerita tentang lika-liku seorang wanita yang berjuang melawan penyakit yang diderita dan tidak bisa menerima cinta siapapun walaupun itu sahabatnya, karena ia tidak ingin semua orang tahu kondisinya. Namun bukan Dani Aditya kalau tidak menyiratkan pesan moral dalam tiap karyanya. Yup, ia tetap menyelipkan kata-kata motivasi pada part rap-nya untuk mengajak orang lain selalu kuat dalam kondisi apapun.

Music Dani Aditya Solois Single Laraku
Photo from Press Kit

Menjadi momen yang sangat menarik karena ini adalah sesuatu yang baru bagi semua orang yang terlibat dalam project ini. Termasuk istri Dani Aditya yaitu Dian Desty Wijaya yang menciptakan lagu ini sendiri dengan berkolaborasi dengan musisi lokal kota Malang.

“Awalnya asal mula berkecimpung di dunia musik adalah hanya ingin mengikuti challenge netizen, tapi ternyata kok saya berpikir kenapa tidak diseriusi saja? Akhirnya saya mencoba membuat Q&A di Instagram untuk mencari Produser Musik dan sampai akhirnya diperkenalkan pada Emes Movos yang membuat single pertama saya ‘Relax‘ dan kemudian saya membuat single kedua bersama istri berjudul ‘Laraku’ ini,” cerita Dani dan Dian.

Menarik untuk menyaksikan pengemasan Laraku dalam Music Video yang diproduksi dengan keterbatasan kondisi pandemi, di mana Dani menggabungkan konsep menyanyi di studio dan beberapa scene di filmnya. Dua hal tersebut disatukan menjadi sebuah karya apik yang diproduseri oleh tim lokal Malang, Movos.

Single ‘Laraku’ kini sudah dapat dinikmati Music Video-nya di channel Youtube “Dani Aditya Channel.”

Sebuah ungkapan pesan mendalam pada para disabilitas dan juga semua orang, bahwa keterbatasan tak pernah menjadi halangan untuk berkarya dan meraih kesuksesan.

Dani Aditya – Laraku
Music by Dani Aditya
Lyrics by Dani Aditya, Dian Desty Wijaya

Pagiku Bercengkrama Dengan Lara
Laraku Akan Segala Deritaku
Derita Yang Tak Ingin Aku Gambarkan
Derita Yang Tak Pernah Ku Ceritakan
Aku Tak Ingin Melukai
Hati Disaat Aku Terbang Tinggi Nanti
Ada Kenangan Teman Sejati
Terlaksanakan Aku Melindungi Mimpi
Laraaaaku
Biarlah Hanya Aku Yang Tau Begitu
Biarlah Ku Biarkan
Laraaaaku
Tergambarlah Ku Jahat Bagimu
Jelasnya Aku Mengalah
Laraaa Laraaa Ini Tak Ada Apa-Apanya
Dibandingkan Kaki Ini Mati Rasa
Teruslah Bangkit Menggapai Asa
Yo Itu Pesan Dari Dani Aditya
Master Duduk Selamanya
Pagiku Bercengkrama Dengan Lara
Laraku Akan Segala Deritaku
Derita Yang Tak Ingin Aku Gambarkan
Derita Yang Tak Pernah Ku Ceritakan